Panduan Combat: Skills – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Skill merupakan faktor terpenting dalam Combat. Di Black Desert Online, anda bisa mempelajari Skill baru saat karakter anda naik level. Skill didapat dari Skills EXP Points yang anda peroleh dari menyelesaikan Quest atau membunuh monster.

Namun tidaklah mudah untuk mendapatkan Skill Points. Saat karakter anda naik level, Skill yang dapat anda pelajari pun akan bertambah dan akan semakin sulit untuk mendapatkan Skill Points. Hal lainnya adalah, saat anda mendapatkan Skill Points, EXP yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah. Jadi direkomendasikan untuk mempelajari terlebih dulu Skill yang dimiliki karakter dan memilah mana yang paling bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Mempelajari Skill

Skill Points yang dibutuhkan didapat saat anda bertarung atau melalui Life Skill dan menyelesaikan beberapa Quest (Skill EXP yang didapat melalui Life Skill dan Quest jauh lebih kecil dibandingkan dari bertarung). Berikut beberapa cara untuk mempelajari skill baru:

  1. Buka Skill Menu (K) dan klik Skill yang ingin anda pelajari, atau
  2. Bicara dengan Skill Instructor di kota dan pilih Skill yang ingin anda pelajari. Lokasi dari Skill Instructor yang anda kunjungi untuk pertama kalinya akan ditampilkan pada Map (lihat contoh pada gambar diatas)

Saat anda bisa mempelajari Skill baru, sebuah icon notifikasi akan muncul. Icon ini bergambar pedang dan kampak seperti yang bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Setelah mencapai level 56 dan telah menyelesaikan Awakening Quest dari Black Spirit, anda bisa mulai untuk menggunakan Awakening Weapon dan mendapatkan Awakening Skill. Perlu digarais bawahi sekali lagi, Awakening Skill hanya dapat diperoleh setelah menyelesaikan Awakening Quest.

Tipe Skill

Skill terbagi ke dalam dua tipe yakni Active dan Passive. Skill Active dapat diaktifkan dengan cara menekan Hotkeys  (Quick Slot) atau tombol dan Mouse yang telah diset. Misal, skill ‘Blurred in the Dark’ milik Sorceress dapat anda aktifkan dengan cara menekan tombol A atau D dan klik kiri secara bersamaan.

Skill Passive secara otomatis aktif dengan sendirinya, biasanya skill Passive memberikan efek tertentu pada karakter. Misal skill Passive milik Sorceress, ‘Infinite Mastery I’ yang menambah Life Force (HP) sebesar 100 poin. Ada beberapa skill yang tidak dapat ditempatkan ke dalam Quick Slot (tidak ada tulisan Quick Slot Available pada skill bersangkutan), jadi anda harus berlatih dan membiasakan diri menekan tombol atau klik yang diminta.

Anda bisa menggunakan mayoritas skill saat berada di atas kuda dengan membeli Mount Equipment untuk kuda bernama Stirrups. Perintah untuk menggunakan skill di atas kuda mungkin berbeda dibandingkan saat anda tidak menggunakan kuda, jadi ada baiknya untuk melihat deskripsi dari skill bersangkutan.

Skill yang dapat dipelajari setiap kelas berbeda-beda, jadi ada baiknya untuk melihat panduan memilih skill rekomendasi dari kelas bersangkutan. Cek Walkthrough Black Desert Online yang kami berikan! Daftarnya akan terus kami perbaharui.

Efek Skill

Jika anda membaca deskripsi skill dengan seksama, anda bisa melihat banyak skill yang menghasilkan efek tambahan. Efek ini dapat membantu anda saat pertarungan berlangsung.

Sebagai contoh, skill dengan efek Down Attack akan menghasilkan damage tambahan jika musuh sedang dalam keadaan terpukul jatuh. Hal ini berlaku juga untuk skill dengan efek Back Attack jika anda menyerang musuh dari arah belakang.

Dengan cara mengkombinasikan dari banyak efek-efek yang ada, anda bisa mengalahkan monster yang ada di Black Desert dengan efisien. Berikut daftar efek dari skill yang terdapat di Black Desert Online:

  • Back Attack

Saat menyerang musuh dari arah belakang, damage yang dihasilkan adalah 120% (untuk sesama pemain -PK-) dan 150% (untuk monster).

  • Counter Attack

Saat musuh menyerang dan anda mengaktifkan skill dengan efek Counter Attack, serangan anda akan menghasilkan damage sebesar 170%. Efek ini hanya berlaku untuk monster dan bukan pemain lainnya (PK).

  • Down Attack

Musuh yang terpukul jatuh ke tanah akan menerima damage sebesar 120% (untuk sesama pemain -PK-) dan 150% (untuk monster).

  • Air Attack

Saat menyerang musuh dalam keadaan terbang, damage yang dihasilkan adalah 220% dan hanya berlaku untuk serangan pertama saja (untuk sesama pemain -PK-) dan 250% (untuk monster).

  • Speed Attack

Skill yang memiliki efek ini akan menghasilkan damage sebesar 120% (untuk sesama pemain -PK-) dan 150% (untuk monster).

  • Bound

Efek yang akan membuat musuh melambung ke udara. Efek ini akan membuat musuh terkena efek Down Attack atau Down Smash.

  • Knockback

Efek ini membuat musuh terhempas ke belakang dan membuatnya tak sadarkan diri selama beberapa saat.

  • Knockdown

Efek ini membuat musuh terhempas ke belakang dan terjatuh. Efek ini sekaligus membuat musuh terkena Down Attack atau Down Smash.

  • Stun

Efek ini membuat musuh tak sadarkan diri selama beberapa saat.

  • Stiff

Efek ini membuat musuh kaku selama beberapa saat. Efek ini sangat berguna digunakan dalam keadaan genting semisal anda ingin kabur dan mengisi HP yang sekarat atau hal lainnya.

  • Floating

Efek ini membuat musuh terhempas ke udara. Efek ini sekaligus membuat musuh terkena efek Air Attack atau Air Smash saat mereka terhempas ke udara dan terkena efek Down Attack atau Down Smash saat mereka terhempas jatuh ke tanah.

  • Grapple

Memegang musuh dengan sangat erat. Jika anda tidak dapat memegang musuh bersangkutan, anda akan menghantamkan tubuh anda ke musuh dan membuat mereka masuk ke dalam efek Stiff + menghasilkan damage. Musuh yang terhempas setelah serangan Grapple berhasil akan mendapatkan efek Down Attack atau Down Smash.

  • Down Smash

Efek ini akan menghempaskan musuh saat mereka dalam keadaan terjatuh.

  • Air Smash

Efek ini akan menghempaskan musuh ke arah udara dengan jauh.

Menggunakan Skills

Jika anda menginginkan sebuah tantangan, gunakan skill dengan perintah tombol atau mouse yang telah diset. Jika menginginkannya lebih mudah, anda bisa menempatkan skill pada Hotkeys atau Quick Slot berbentuk boks yang ada di bagian bawah layar.

Penggunaan skill dengan perintah tombol atau mouse akan mengkonsumsi lebih sedikit WP, MP atau SP ketimbang menggunakan skill pada Quick Slot (Hotkeys).  Skill dengan mode Combo akan ditampilkan oleh Action Combo Guide (jika anda mengaktifkannya). Action Combo Guide ini berada tepat di sebelah kanan karakter.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#