Panduan Dasar Pet – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

[CATATAN: Klik gambar untuk memperbesar]

Fungsi & Cara Mendapatkan Pet

Pet akan membuat proses Looting lebih mudah. Pet akan mengambil item yang berserakan dari monster-monster yang telah berhasil anda bunuh dan secara otomatis akan memasukkan semua item tersebut ke dalam Inventory. Singkatnya Pet membantu anda menghemat waktu jadi tidak perlu memungut hasil Loot satu persatu.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan Pet di Black Desert Online adalah melalui Pearl Shop. Harga Pet yang ditawarkan di server SEA mulai dari 220 Pearl atau anda bisa mendapatkannya gratis dari Package yang telah anda beli (selain Essential Package).

Setelah memilih Pet kesukaan anda, jangan lupa untuk mendaftarkannya. Tekan ‘I’ lalu masuk ke Tab Pearl Store. Klik kanan Pet Token yang ada disana dan masukkan nama untuk Pet tersebut. Sebuah icon Pet akan muncul di bagian kiri atas.

Untuk mengeluarkan Pet dari Inventory, klik Pet Icon seperti yang anda lihat pada gambar diatas hingga sebuah jendela baru muncul. Selanjutnya, klik Box Icon yang ada tepat di sebelah Pet anda. Kini Pet berhasil dikeluarkan dan ia akan mengikuti anda secara otomatis! Untuk memberikan perintah kepada Pet, klik kanan Pet Icon lalu pilih Pet anda. Disini anda bisa mengatur perintah Follow, Loot dan Special.

Untuk menyimpan kembali Pet ke dalam Inventory, klik Pet Icon dan pilih Check In All. Saat membeli Pet, anda juga akan mendapatkan Nutritious Feed x20 yang dapat digunakan untuk memberi makan Pet. Anda bisa membeli Nutritious Feed ini dari Pearl Store, Crafting atau Market. Anda juga bisa membeli tempat tidur untuk Pet kesayangan anda lho! Tempat tidur Pet bisa dibeli melalui Pearl Store. Satu lagi, berbeda dengan kuda, Pet tidak dapat mati.

Jenis Pet

Masing-masing Pet memiliki sebuah Hunger Bar (200). Saat Hunger Bar mencapai nol, anda perlu memberinya makan. Selain itu, masing-masing Tier Pet memiliki kecepatan mengambil Loot yang berbeda sebagai berikut:

  • Tier 1 Pet – 10 detik
  • Tier 2 Pet – 7.5 detik
  • Tier 3 & 4 Pet – 6.5 detik

Ada beberapa spekulasi yang menyatakan (PERHATIAN: hal ini belum bisa dipastikan sebagai fakta) kalau Pet Hawk mengambil Loot lebih lama karena jarak Hawk dengan Loot yang berjauhan (Hawk adalah salah satu Pet yang dapat terbang).

Berikut daftar special Skill yang dimiliki masing-masing jenis Pet:

  • Cats – mendeteksi Gathering Resource yang ada di sekitar anda
  • Dogs – mendeteksi Player yang ditandai (PvP) di sekitar anda
  • Birds – menandai monster Elite di sekitar anda
  • Penguins – meningkatkan kecepatan Auto Fishing
  • Desert Fox – memperkecil debuff Heatstroke/Hypothermia saat berada di Desert
  • Hedgehog – Auto Gathering
  • Panda/Red Panda – memberikan efek Taunt ke monster
  • Polar Bear – meningkatkan kecepatan Auto Fishing
  • Snowkid – memperkecil debuff Heatstroke/Hypothermia saat berada di Desert
  • Cursed Looney – menandai monster Elite di sekitar anda
  • Cushy Mallowmerz/Drifty Ghosphy/Wizard Gosphy – memberikan efek Taunt ke monster

Pet Level

Saat Pet digunakan, Hunger Bar dari Pet akan terus turun secara berkelanjutan. Anda perlu memberinya makan, saat memberi makan Pet, Pet akan mendapatkan Experience dan bisa naik level. Tier Pet yang tinggi (misal Tier 5 Pet) membutuhkan lebih banyak Experience untuk naik level dibandingkan dengan Tier Pet yang rendah (Tier 1 Pet).

Semakin tinggi level Pet, semakin cepat mereka melakukan Looting. Tier 1 Pet dapat melakukan Looting tiap 10 detik saat level 1 dan tiap 4 detik saat mencapai level 10. Level maksimum Pet saat ini adalah 10.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#