Panduan Menjinakkan Kuda Liar – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

[PERHATIAN: Sebelum membaca panduan ini, cek Persiapan Menjinakkan Kuda Liar terlebih dulu]

[CATATAN: Klik gambar untuk memperbesar]


Tingkatan (Tier) Kuda Liar

Saat ini terdapat 5 tingkatan untuk kuda liar. Tier 1, Tier 2, Tier 3, Tier 4 dan Tier 5. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan kuda dengan Tier 5. Untuk mendapatkan kuda lebih dari Tier 5, anda harus melakukan proses Breeding atau mengembangbiakkan (mengawinkan) kuda. Cek gambar di bawah ini untuk mengenal Tingkatan kuda liar yang anda temui di luar sana.

Video Demonstrasi


Menjinakkan Kuda Liar

  • Minigame Pertama

Saat anda menemui kuda liar, pastikan anda berada di jarak yang dekat dengannya dan Equip Capturing Rope. Direkomendasikan untuk menempatkan Capturing Rope ke ‘Hotbar’ (kolom kotak berjejer yang ada di bagian bawah layar). Pastikan kuda yang menjadi target tidak dalam keadaan lari.

Lempar Capturing Rope dengan mengklik kiri. Saat berhasil mengenai sang kuda, sebuah Minigame akan muncul. Anda akan melihat sebuah Bar yang muncul di layar. Tekan spasi saat arah penunjuk melalui bagian bergaris merah. Jika gagal, anda harus mencobanya lagi dari awal.

  • Minigame Kedua

Setelah berhasil menekan spasi saat arah penunjuk melalui bagian bergaris merah, maju perlahan dan tekan spasi saat kedua kaki depan kuda terangkat ke atas. Jika keadaan kaki kuda tidak sedang terangkat ke atas dan anda menekan spasi, anda gagal dan harus mengulang dari awal.

Setelah berhasil menekan spasi, Minigame kedua akan dimulai. Tekan spasi secepat yang anda bisa sampai Bar yang terlihat penuh dengan warna merah. Jangan menekan tombol lainnya selain spasi.

  • Memberi Lump of Raw Sugar

Beri Lump of Raw Sugar saat jarak anda berada dekat dengan sang kuda. Sama seperti Capturing Rope, direkomendasikan untuk menyimpan Lump of Raw Sugar di Hotbar. Jika semuanya berjalan dengan lancar, klik R untuk menunggangi kuda.

Di bagian terakhir ini anda juga bisa mengalami kegagalan. Kegagalan pertama yakni terlalu cepat menunggangi kuda. Jadi diam dan tunggu beberapa saat sebelum menungganginya. Kegagalan kedua, kuda bisa saja secara tiba-tiba menendang anda. Maka dari itu pemberian Lump of Raw Sugar sangatlah penting.

  • Register

Setelah berhasil menjinakkan kuda, bawa kuda tersebut ke Stable terdekat. Saat berbicara dengan Stable Keeper, pilih Register Wild Horse. Anda tidak akan pernah tahu jenis kelamin dari kuda yang anda tangkap sebelum melakukan proses registrasi ini.

Jika ruangan di dalam Stable anda tidak mencukupi, beli Horse Ranch di salah satu City atau Town. Pembelian upgrade ruangan Stable ini hanya berlaku di City atau Town tempat anda membeli. City atau Town lainnya tetap memiliki 3 slot secara default.

  • Menyimpan Horse di Stable

Jika anda menyimpan kuda di salah satu Stable anda hanya bisa mengambilnya di Stable tersebut. Anda tidak bisa mengambil kuda yang bukan berasal dari Stable-nya. Jika anda tidak yakin Stable mana yang memiliki kuda tertentu yang ingin anda tunggangi, cek Stable manapun dan anda akan mengetahui lokasi kuda tersebut.

  • Menjual Kuda

Jika anda ingin menjual kuda, anda bisa melakukannya di Stable manapun yang berada di City atau Town. Biasanya, kuda Tier 1 berjenis kelamin jantan tidak begitu laku ketimbang kuda Tier 1 berjenis kelamin betina. Alasannya karena kuda berjenis kelamin betina lebih jarang ditemui dan hanya dapat dikawini (proses Breeding) 1 kali ketimbang jantan yang bisa dua kali.

  • Gear

Jika nominal Amity anda dengan salah satu Stable Keeper yang ada di City atau Town tinggi, anda bisa membeli Gear untuk Horse dengan kisaran harga 10,000 – 30,000 Silver. Sebagai contoh, NPC Izaro yang berada di Heidel hanya membutuhkan 100/300 Amity.

Jika anda menginginkan Gear yang lebih baik, anda bisa melakukkan Crafting di Horse Gear Workshop.

  • Saddle meningkatkan Turning speed/HP/stamina
  • Stirrups membuat anda dapat bertarung di atas kuda dan meningkatkan pengereman
  • Horseshoe meningkatkan movement speed
  • Champron meningkatkan akselerasi
  • Barding meningkatkan DP

Terima kasih, dulfy.net!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#