Panduan Black Desert Online – Housing & Workers

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Housing

Setiap player di Black Desert Online memiliki rumah yang sama terlihat dari luar namun berbeda di bagian dalam bergantung dari dekorasi interior yang dipasang masing- masing player. Housing dapat dibeli menggunakan Contribution Points. Anda bisa membeli sebuah properti kapan saja dengan menekan simbol Node untuk melihat Housing yang tersedia lalu pilih Icon Housing.

Anda juga bisa membelinya dengan cara mendatangi rumah secara langsung. Icon rumah berwarna biru menandakan rumah tersebut bisa dibeli, icon rumah berwarna putih menandakan rumah tersebut milik anda sedangkan rumah berwarna abu menandakan rumah yang harus anda unlock terlebih dulu. Untuk unlock rumah berwarna abu, anda harus membeli rumah yang tersambung dengannya.

Housing terbagi menjadi beberapa tipe bergantung dari jenis kegunaannya:

  • Housing – Rumah personal. Satu-satunya properti yang bisa anda masuki, membuat dekorasi dan menempatkan Crafting Tools
  • Lodging – Properti ini dibuat untuk para Worker yang bekerja
  • Stable – Properti ini menambahkan ruang Stable tambahan di Node tertentu
  • Storage – Properti ini menambahkan ruang Warehouse tambahan di Node tertentu
  • Refinery – Properti ini digunakan untuk menciptakan Black Stone dan item lainnya seperti Black Stone Powder atau Gem yang telah di upgrade
  • Upgrade – Properti ini digunakan untuk meng-upgrade tingkat Rarity dari Equipment
  • Workshop – Ada beberapa tipe Workshop yang bisa digunakan untuk crafting berbagai macam item seperti Accessories, Armor, Weapon, Ship Parts, Wagon Parts, Tools, Furniture dan sebagainya
  • Processing – Ada beberapa tipe Processing Workshop yang bisa digunakan untuk membuat Trade Pack, Ingots dan Plywood (dibuat menggunakan bahan seperti Mineral, Wood, Fish, Mushroom atau Crop)

Workers

Workers di Black Desert Online merupakan pekerja yang dapat membantu anda untuk mengumpulkan Resources jadi anda tidak perlu membuang waktu atau menghabiskan Vigor yang anda miliki. Worker juga bisa crafting item dari properti yang telah anda beli seperti Refinery atau Workshop.

Untuk mempekerjakan Worker, pergi ke Worker Manager dan beli Contract. Untuk melihat sebuah Contract, anda harus mengeluarkan 5 Vigor dan akan dikenakan 5 Vigor lagi jika anda terus melakukan browsing pada daftar Contract. Setelah anda membeli Contract, klik kanan untuk mempekerjakan Worker.

Jumlah maksimum Worker adalah 3 di setiap Town/City. Untuk meningkatkan jumlah maksimum Worker, anda perlu membeli Lodging. Untuk membuat Worker mengumpulkan Material, pastikan Production Node tersambung ke Town/City dimana Worker anda berada. Klik Production Node, pilih Worker dan pilih Start Work.

Untuk membuat Worker crafting item, beli propertinya terlebih dulu lalu buka jendela Property pada Map dan pilih Materialyang ingin anda craft lalu klik Production Management. Perlu diketahui, semua material baik yang dikumpulkan atau di crafting, akan disimpan di dalam Warehouse Storage. Anda juga perlu menempatkan material yang dibutuhkan untuk proses crafting di dalam Warehouse agar para Worker bisa menggunakannya.

Worker memiliki Hunger Bar. Bar ini akan berkurang setiap kali Worker melakukan pekerjaan. Anda perlu mengisi kembali Hunger Bar mereka dengan cara memberi makan. Makanan termurah yang bisa anda berikan adalah Beer (diperoleh melalui proses Crafting).

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#