Panduan Final Fantasy X Bagian 10.6 – Calm Lands

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy X#

Setelah menyaksikan cutscene, pergi ke kiri bawah menuju Calm Lands. Sebuah kapal udara besar akan datang. Anda bisa membeli senjata dan item yang anda butuhkan disini. Balikkan badan, ikuti dinding menuju timur (lihat gambar), disini anda bisa menemukan 2 Treasure Chest yang masing-masing berisi 5,000 dan 10,000 Gil. Di jalur sebelah utara, ada sebuah area bernama Monster Arena. Disini anda bisa memulai Quest menangkap monster.

Monster Arena

Monster Arena berlokasi di bagian pojok sebelah timur Clam Lands (lihat gambar). Bicara dengan pemilik yang ada disana untuk memulai Side Quest. Sang pemilik akan meminta anda untuk menangkap berbagai macam monster yang ada di Spira. Mulai dari 9 macam monster yang ada di Calm Lands.

Untuk dapat menangkap monster, anda wajib membeli sebuah peralatan atau senjata khusus yang memiliki ability Capture. Equip senjata dengan ability Capture lalu kalahkan monster yang anda temui. Serang dengan serangan biasa, Magic, Skill, dan serangan Overdrive tidak dapat menangkap monster. Sekedar informasi, AI Bhed Mechs juga tidak dapat ditangkap.

Setelah berhasil menangkap semua jenis monster yang ada di Calm Lands, anda bisa menjelajah Spira untuk menangkap jenis monster lainnya. Pemilik Monster Arena akan menggabungkan monster-monster yang anda tangkap. Anda bisa melawan monster yang sudah digabungkan ini untuk mendapatkan Reward.

Setelah puas dengan menangkap monster, lanjutkan perjalanan menuju bagian utara Calm Lands. Anda bisa menemukan sebuah Shop yang berlokasi di bagian barat laut Calm Lands. Ambil Treasure Chest berisi Lv 2 Key Sphere yang ada di bagian atas Shop. Masuk ke dalam Shop dan saksikan cutscene disini. Beli perlengkapan yang anda butuhkan lalu save game anda atau main Blitzball!

Jalan ke bagian barat daya untuk menemukan Belgemine di sekitar sana. Ia akan menantang anda untuk melakukan duel Aeon. Gunakan Ifrit untuk melawan Shiva miliknya. Jangan lupa untuk menggunakan pilihan Boost agar Overdrive milik Ifrit penuh dengan cepat. Jika Shiva mengeluarkan Overdrive-nya, gunakan pilihan Shield untuk melindungi Ifrit. Jika HP Ifrit terlalu rendah, gunakan Fire Attack ke dirinya sendiri untyuk menambah darah.

Setelah berhasil mengalahkan Belgemine, anda akan mendapatkan 30 Power Sphere dan Aeon’s Soul. Aeon’s Soul dapat anda gunakan untuk meningkatkan status Aeon milik anda sendiri. Cek bagian barat laut untuk menemukan AI Bhed Primer Vol XXIII (lihat gambar). Di bagian utara, anda akan menemukan seorang wanita dengan Chocobo, bicara dengannya untuk memulai Chocobo Training Mini Game!

Setelah menyelesaikan Mini Game, pilih ‘Let’s Do Something Else’ untuk mencoba game lainnya. Selesaikan semua mini game yang ditawarkan disini untuk mendapatkan Trophy berupa Chocobo License dan Reward. Kini anda bisa mengendarai Chocobo di sekitar Calm Lands dan membuka area rahasia yang ada di bagian tenggara!

Di bagian tenggara pojok Calm Lands, ada sebuah Chocobo Feather di daratan. Cek Chocobo Feather tersebut, anda akan tiba di sebuah area baru bernama Remiem Temple. Setelah puas menjelajah Remiem Temple, kembali ke Calm Lands dan tinggalkan area ini melalui bagian timur laut. Save dan Heal diri anda di Save Sphere yang ada disana. Bersiaplah menghadapi Boss!

Boss: Defender X

Gunakan Magic Attack untuk megalahkannya dengan cepat. Gunakan juga skill Armor Break dan Mental Break milik Auron untuk memperlemah pertahanan si Boss. Gunakan juga spell Protect milik Yuna untuk mengurangi damage yang dihasilkan oleh Boss dan Heal.

Setelah mengalahkan Defender X, anda memiliki dua pilihan, pergi ke Mt. Gagazet melalui jalur utara atau ke bawah menuju jembatan ke Cavern of the Stolen Fayth.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy X#