Panduan Final Fantasy XIII Chapter 9 – The Palamecia

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Anda akan memulai bagian ini sebagai Lightning. Save game anda, jalan ke penanda pada peta lalu bicara dengan Cid. Pertarungan dimulai dengan Lightning, Fang dan Hope. Kalahkan musuh, save game anda lalu cek panel yang ada di dekat lingkaran merah di depan anda.

Lompat ke lingkaran berwarna biru, lalu ke arah kanan untuk mengambil Treasure Chest yang ada disana. Lanjutkan perjalanan ke penanda peta. Gunakan Saboteur milik Fang untuk melemahkan setiap musuh yang anda lawan di area ini. Setelah dekat dengan Save Point, cek bagian belakang untuk mendapatkan Treasure Chest berisi Millerite.

Saat berada di area dimana anda bisa lompat ke jalur sempit, jalan ke bagian kanan untuk mendapatkan Incentive Chips. Pergi ke penanda peta, saat anda melalui jalur sempit lainnya, ambil Silicone Oil yang ada di sekitar sana. Save game anda dan jangan lupa untuk mengambil Lifesaber dari Chest.

Pergi ke penanda peta selanjutnya, ambil Ember Ring dan Pandoran Spear di sekitar area tersebut. Disarankan untuk farming CP, Incentive Chips, Credit Chips dan Perfect Conductors di area ini. Kembali ke Save Point sebelumnya, lalu balik lagi untuk mendapatkan 4,000 CP sekali jalan.

Setelah menyaksikan cutscene, anda akan mengontrol Sazh dan Vanille. Save game anda, pergi ke penanda peta dan cek panel yang ada disana. Masuk ke dalam pintu, belok ke arah kanan, cek panel dan ambil Royal Armlet. Disini anda bisa naik level dengan cepat. Anda akan mendapatkan sekitar 1,000 CP jadi disarankan untuk menaikkan level terlebih dulu.

Lanjutkan perjalanan ke arah penanda peta, ambil Murky Ooze dan cek panel. Setelah menyaksikan cutscene, anda akan kembali mengontrol Lightning dan kawan-kawan. Masuki pintu dan save game anda. Mulai dari sini anda akan bertemu dengan banyak Viking. Hindari mereka jika dirasa perlu.

Ruangan selanjutnya berupa ruangan bebentuk bulat. Ambil Pain Dampener dan White Cape yang berada masing-masing di bagian timur dan barat. Jangan lupa untuk mengambil Perfect Conductor dan Rhodochrosite yang ada di bagian tengah. Lanjutkan perjalanan ke penanda peta.

Anda akan kembali mengontrol Sazh dan Vanille. Saat bertarung melawn monster yang ada di area ini, pastikan untuk menyerang Falanitor terlebih dulu baru kemudian Flanborg. Cek jalur sebelah kiri untuk mendapatkan Segmented Carapace. Cek bagian tengah untuk mendapatkan Phoenix Down dan lanjutkan ke penanda peta.

Anda akan mengontrol grup Lightning. Cek bagian belakang untuk mendapatkan Whistlewind Scarf, ambil Perfect Conductor yang ada di bagian timur peta. Save game anda di Save Point yang anda temui. Jangan pergi ke bagian bawah Save Point, cek jalur lainnya untuk mendapatkan Barbed Tail. Lanjutkan perjalanan, ambil Treasure Chest yang berisi 300 Gil. Kembali ke atas, lalui jalur kanan tembok untuk mendapatkan Spark Ring. Lanjutkan perjalanan ke Save Point dan bersiaplah untuk melawan Boss!

Boss: Kalavinka Striker

Posisikan Paradigm anda seperti dibawah ini:

  1. Ravager / Ravager / Saboteur
  2. Ravager / Ravager / Commando
  3. Commando / Ravager / Commando
  4. Ravager / Medic / Commando
  5. Medic / Synergist / Sentinel
  6. Medic / Medic / Sentinel

Mulai pertarungan dengan Paradigm nomor 1. Biarkan Fang memberikan Curse kepada Boss, lalu pindah ke Paradigm nomor 2 atau 3 untuk memasukkan Boss ke dalam kondisi Stagger. Jika HP anda dalam keadaan kritis, gunakan Paradigm nomor 4, 5 atau 6. Setelah berhasil mengalahkannya, saksikan cutscene.

Pilih anggota tim berikut, Lightning, Hope dan Vanille. Save game anda, di area ini anda akan menemukan 3 buah baris platform yang terhubung dengan jembatan. Pergi ke bagian bawah jalur tengah, lalu belok ke kiri. Ambil Gold Bangle, Gil. Librascope dan Pain Dampener yang ada di sekitar sana. Ambil Umbra, Rune Bracelet dan Perfect Conductor di bagian kanan.

Setelah mengumpulkan semua item yang ada, ambil Ethersol di dekat Save Point lalu lanjutkan perjalanan ke penanda peta selanjutnya dan bersiaplah untuk menghadapi Boss!

Boss: Barthandelus

Posisikan Paradigm anda seperti dibawah ini:

  1. Commando / Synergist / Saboteur
  2. Ravager / Ravager / Saboteur
  3. Commando / Ravager / Medic
  4. Medic / Medic / Medic
  5. Commando / Ravager / Ravager
  6. Ravager / Ravager / Ravager

Gunakan Librascope terlebih dulu lalu targetkan serangan anda ke bagian komponen milik si Boss (Armor) menggunakan Paradigm nomor 3. Waspadalah, setelah 20 menit pertarungan berlangsung, ia akan menggunakan skill Doom. Jadi anda harus menyelesaikan pertarungan ini dalam kurun waktu kurang dari 20 menit.

Gunakan Paradigm nomor 1 sampai semua anggota tim memiliki Protect dan Shell. Saat Boss mengeluarkan serangan terkuatnya, segera gunakan Paradigm nomor 4. Gunakan Paradigm nomor 2 dan 3 untuk mulai menghasilkan damage dan juga Status. Saat anda berhasil memasukkan Boss ke dalam kondisi Stagger, gunakan Paradigm nomor 6.

Opsi Alternatif jika Strategi diatas GAGAL:

Pilih anggota tim Lightning, Snow dan Vanille. Posisikan Paradigm anda seperti dibawah ini:

  1. Relentless Assault – Comando/Ravager/Ravager
  2. Solidarity – Comando/Sentinal/Medic
  3. Tri-Disaster – Ravager/Ravager/Ravager
  4. Combat Clinic – Medic/Sentinal/Medic
  5. Dirty Fighting – Comando/Sentinal/Sabeteur
  6. Tireless Charge – Comando/Comando/Medic

Hancurkan Armor (komponen Boss) menggunakan Paradigm nomor 1 lalu pindah ke Paradigm nomor 3 untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger, setelah masuk Stagger, kembali ke Paradigm 1. Ulangi langkah tadi sampai semua komponen hancur.

Pindah ke Paradigm nomor 5 lalu gunakan Paradigm 1 dan 3. Saat masuk ke dalam kondisi Stagger, pindah ke Paradigm nomor 6. Saat HP dalam keadaan sedikit, pilih Paradigm 2 atau jika HP dalam keadaan kritis, pilih Paradigm nomor 4.

Pastikan juga untuk memiliki Equipment dengan Magic Resistance yang baik seperti Rune Bracelet untuk anggota tim anda. Gunakan juga Fortisol dan Aegisol sebelum pertarungan dimulai untuk mempermudah jalannya pertempuran.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#