Panduan Final Fantasy XIII Chapter 10 – The Fifth Ark

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Anda akan memulai bagian ini sebagai Lightning. Jalan ke penanda peta, masukkan Lightning sebagai Leader lalu Fang dan Vanille sebagai anggota tim. Lanjutkan perjalanan, ambil Hero’s Amulet. Cek jalur yang ada di sebelah kiri untuk mendapatkan Bomb Shell, save game anda.

Di ruangan selanjutnya, ambil jalur ke arah kiri untuk mendapatkan Saint’s Amulet di dalam Treasure Chest. Pergi ke arah bawah, naik ke atas platform saat keluar dari terowongan. Ikuti jalur sampai anda menemukan Medicinal Oil.

Kembali ke jalur utama, di jalan bercabang selanjutnya, ambil jalur sebelah kanan untuk mendapatkan Rainbow Anklet. Save game, dari sini anda bisa memilih 3 jalur. Lanjutkan perjalanan ke jalur utama, lawan musuh-musuh yang anda temui disini untuk sekedar farming CP dan Item. Ambil jalur kiri lalu lompat ke bawah. Anda juga bisa jalan lurus ke bawah baru belok kiri dan lompat ke bawah, opsi terakhir ini memungkinkan anda untuk mengendap ke belakang musuh. Jangan lupa ambil Treasure Chest berisi 600 Gil dibawah.

Anda akan menemukan 3 jalur yang berbeda lagi namun akan berakhir di satu tempat yang sama. Lompat ke bawah, lanjutkan perjalanan menuju Save Point berikutnya. Setelah save, anda akan tiba di ruangan dengan musuh yang kuat, Berseker. Pergi ke arah belakangnya tanpa diketahui lalu serang. Saat ia masuk ke dalam kondisi Stagger, ia akan sangat mudah untuk dilawan. Ambil Rigels dari Treasure Chest yang ada disana.

Lanjutkan ke Save Point berikutnya, cek arah sebelah kanan untuk mendapatkan Guardian Amulet. Pergi ke penanda peta berikutnya dan jangan lupa untuk mengambil Alicanto yang ada di sekitar sana. Cek jalur sebelah kanan yang akan membawa anda ke Treasure Chest berisi 7 Gargantuan Claw. Ambil Metal Band dan Ethersol di ruangan selanjutnya dan bersiaplah untuk menghadapi Boss!

Boss: Cid Raines

Persiapkan Paradigm anda seperti berikut ini:

  1. Commando / Ravager / Ravager
  2. Commando / Ravager / Medic
  3. Ravager / Sentinel / Medic
  4. Ravager / Saboteur / Saboteur
  5. Sentinel / Medic / Medic

Cid memiliki Resistance yang cukup tinggi dan kemampuan serangan yang dapat menghilangkan Buff yang ada pada anda. Gunakan Paradigm nomor 1 saat pertarungan dimulai. Gunakan Paradigm nomor 2 atau 3 untuk bertahan maupun Heal. Saat proses healing selesai, gunakan Paradigm nomor 4 agar Fang dan Vanille memberikan efek Slow kepada Cid. Saat HP anda dalam keadaan kritis, gunakan Paradigm nomor 5.

Setelah berhasil mengalahkan Boss, lanjutkan perjalanan. Pilih salah satu jalan, semuanya berakhir di tempat yang sama. Save game anda di Save Point selanjutnya. Pergi ke penanda peta dan ambil Feymark yang ada di sekitar sana.

Ada tiga jalur lagi yang dapat anda pilih. Pilih jalur yang paling jauh jika anda ingin menghindari pertempuran melawan Greater Behemoth. Pergi ke penanda peta selanjutnya, lalu belok kiri. Anda akan melawan Berseker disini.

Save game anda, masuk ke dalam elevator. Lanjutkan perjalanan, lawan Berseker jika anda mau. Save game, pergi ke arah bawah, jangan lupa untuk mengambil Otherwordly Bone yang ada di sebelah kiri. Save kembali game anda dan bersiaplah untuk melawan Bahamut!

Boss: Bahamut

Gunakan Sentinel milik Fang, sementara kedua anggota lainnya bertindak sebagai Medic. Setelah dua atau 3 ronde serangan yang dilancarkan Bahamut, anda akan memiliki HP yang masih tinggi. Pindahkan Paradigm Lightning dan Vanille masing-masing ke Commando dan Ravager sampai HP mereka jatuh lalu kembali ke Role pertama, Medic.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#