Panduan Final Fantasy XIII Chapter 7 – Palumpolum

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Anda akan memulai Chapter 7 dengan Lightning dan Hope. Save game anda lalu pergi ke penanda peta. Kalahkan musuh yang anda temui, ambil jalur ke tengah dua truk yang anda lihat, lompat ke pipa lalu ambil jalur kiri untuk mendapatkan 3 Holy Water.

Lanjutkan perjalanan, musuh yang ada di sepanjang jalur yang anda lalui bisa dibilang sulit untuk dikalahkan. Gunakan Synergist milik Hope untuk memberikan Buff yang diperlukan. Saat anda melalui pipa besar, cek di sebelah kanan anda untuk mendapatkan Librascope.

Save game anda, lanjutkan perjalanan ke arah penanda peta selanjutnya sampai anda tiba di sebuah platform yang mengambang. Naiki platform tersebut untuk menyebrang. Setelah sampai, cek pelampung besar yang ada di sebelah kiri. Naiki platform lagi dan anda akan dibawa ke sebuah platform dengan dua Treasure Chest berisi Holy Water dan Phoenix Down.

Kembali naiki platfrom dan lanjutkan perjalanan ke penanda peta. Sebelum naik ke platform, cek pelampung besar yang ada di sebelah kiri. Naiki platform sampai anda menemukan Aqua Ring dan dua Mobius Coils yang dijaga oleh beberapa monster seperti Lucidon. Gunakan Synergist milik Hope untuk mempermudah pertarungan.

Kembali naiki platfrom lalu ambil Warding Talisman di perjalanan. Save game anda lalu saksikan Cutscene. Anda akan memulai bagian selanjutnya dengan Shiva Sister berada dalam Gestalt Mode. Sesaat kemudian anda akan bermain sebagai Snow. Gunakan Sentinel untuk mengurangi damage yang anda dapatkan lalu pindah ke Commando untuk menyerang di waktu yang tepat. Anda juga bisa Summon Shiva Sister lagi untuk membantu anda.

Save game anda lalu pergi ke penanda peta selanjutnya. Saat anda melawan beberapa musuh, pastikan untuk membunuh PSICOM Bombardier terlebih dulu. Ambil jalur sebelah kiri saat anda melihat jalan bercabang untuk mendapatkan Fortisol. Setelah menaiki es, ambil Paladin yang ada di sebelah kanan.

Ambil jalur kiri saat anda melalui jalur sempit untuk mengambil Insulated Cabling. Save game anda lalu lanjutkan perjalanan ke penanda peta selanjutnya. Setelah menyaksikan Cutscene, anda akan memulai bagian ini dengan Fang dan Lightning. Pergi ke penanda peta lalu saksikan Cutscene. Kini anda akan mengontrol Snow dan Hope. Save game anda.

Ambil 4 Holy Water yang ada di belakang anda. Lanjutkan perjalanan, naiki jalur yang ada di sebelah kiri untuk mendapatkan 2 Incentive Chips. Lompat ke bawah dan lanjutkan perjalanan. Ambil Guardian Amulet yang berada tepat sebelum Save Point. Save game anda, lalu lanjutkan perjalanan ke penanda peta selanjutnya dua kali.

Setelah menyaksikan Cutscene, pergi ke Save Point selanjutnya dan save game anda. Lanjutkan perjalanan, lompat ke bawah dan ambil jalur kiri untuk mengambil Shaman’s Mark. Waspada dengan kehadiran Falco Velocycle yang ada disini. Gunakan Buff milik Hope dan Sentinel milik Snow untuk mengalahkan mereka.

Jangan ambil jalur ke sebelah kanan, cek jalur yang ada di belakang Billboard untuk menemukan Thrust Bearing. Kembali ke jalur utama dan ambil jalur yang tidak anda lewati sebelumnya untuk menemukan Vidofnir. Lanjutkan perjalanan, ambil Deceptisol yang ada di sebelah kanan. Save game anda dan bersiaplah untuk menghadapi Boss!

Boss: Ushumgal Subjugator

Persiapkan Paradigm anda seperti dibawah ini:

  1. Sentinel / Synergist
  2. Commando / Ravager
  3. Commando / Medic
  4. Ravager / Ravager
  5. Commando / Synergist
  6. Sentinel / Medic

Mulai pertarungan dengan Paradigm nomor 1. Setelah Buff selesai diberikan, gunakan Paradigm nomor 2 dan 4 untuk memasukkan Boss ke dalam kondisi Stagger. Jika anda kehilangan banyak HP, gunakan Paradigm nomor 3. Saat ia masuk ke dalam kondisi Stagger gunakan Paradigm nomor 2 dan ulangi proses ini sampai Boss berhasil dikalahkan.

Setelah pertarungan selesai, anda akan mengontrol Lightning dan Fang. Musuh yang akan anda hadapi disini tergolong sulit, jadi disarankan untuk tidak melawan mereka terutama Lodestar Behemoth. Jika anda terpaksa melawannya, prioritaskan untuk menghabisinya terlebih dulu.

Dari tempat dimana anda memulai, cek bagian belakang anda untuk menemukan Chest berisi 15 Bestial Claws. Save game lalu ambil Gae Bolg yang ada disana. Kalahkan Lodestar Behemoth lalu lanjutkan perjalanan. Ambil Axis Blade yang dijaga oleh dua Orions lalu saksikan Cutscene.

Save game anda, naik ke atas tangga yang ada di sebelah kiri Save Point untuk menemukan Tungsten Bangle di dalam Chest. Ambil jalur kiri untuk mendapatkan Black Belt. Save game anda dan bersiaplah untuk bertarung melawan Boss!

Boss: Ushumgal Subjugator

Hope tidak akan bisa memenangkan pertarungan sendirian, saat Hope terkalahkan, Lightning dan Fang akan bergabung. Lightning merupakan satu-satunya yang akan menyerang. Fang dan Hope akan memberikan Buff serta Status Effect ke Boss. Setelah Slow diberikan pada Boss, Protect dan Shell telah diberikan ke semua anggota tim anda, gunakan Paradigm nomor 3 (lihat daftar Paradigm saat melawan Ushumgal sebelumnya). Saat anda terkena terlalu banyak damage, pindah ke Paradigm nomor 4 atau 5.

Setelah pertarungan berakhir, anda akan mengontrol Fang. Ambil Phoenix Down lalu pergi ke penanda peta. Saksikan Cutscene. Save game anda, lalu lanjutkan perjalanan, nyalakan TV. Anda akan memulai pertarungan, kalahkan musuh yang lemah terlebih dulu. Jika terlalu banyak damage yang anda dapatkan, gunakan Heal milik Hope dan Fang untuk bertahan.

Save game anda setelah pertarungan, lawan PSICOM Predator untuk mendapatkan Credit Chips yang dapat anda jual dengan harga tinggi. Ambil Ethersol di dekat Save Point dan Brawler’s Wristband yang ada di dekat sana dan bersiaplah untuk menghadapi Boss selanjutnya!

Boss: Havoc Skytank

Persiapkan Paradigm anda seperti berikut ini:

  1. Ravager / Commando / Synergist
  2. Ravager / Commando / Ravager
  3. Ravager / Commando / Medic
  4. Medic / Sentinel / Medic
  5. Medic / Sentinel / Synergist
  6. Commando / Commando / Ravager

Di awal pertarungan, fokuskan serangan anda untuk melawan komponen lainnya dari Boss. Saat HP anda berkurang drastis, gunakan Paradigm nomor 4. Setelah semua komponen pendukung sang Boss hancur, gunakan Paradigm nomor 1 atau 5 untuk memberikan Buff. Setelah masuk ke dalam kondisi Stagger, gunakan Paradigm nomor 2.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#