Panduan Final Fantasy XIII Chapter 6 – The Sunleth Waterscape

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Anda akan memulai Chapter 6 dengan Sazh dan Vanille. Save game anda lalu pergi menuju penanda yang ada pada peta. Disini anda akan menemukan banyak musuh yang lemah. Gunakan serangan AoE untuk melibas mereka sekaligus.

Cek jalur yang ada di sebelah kiri anda untuk menemukan Mysterious Fluid di dalam Chest. Sebelum Save Point, ambil Chest berisi Belladonna Wand yang dapat anda gunakan untuk Vanille.

Save game anda, saat mencapai area lingkaran, ambil jalur kanan untuk mendapatkan Procyons. Lanjutkan perjalanan dan cek jalur sebelah kiri untuk menemukan Doctor’s Code. Teruskan perjalanan sampai anda bertemu dengan monster Scalebeast. Monster ini bisa anda kalahkan namun sangatlah sulit. Disarankan untuk menghindari mereka.

Lanjutkan perjalanan ke penanda pada peta, abaikan Treasure Chest yang dijaga oleh Scalebeast karena isinya tidak begitu berharga. Teruskan perjalanan lalu ambil Chest berisi 10 Scaled Wings. Saat anda tiba di penanda peta, sebuah cutscene akan muncul. Pergi ke penanda peta selanjutnya lalu saksikan cutscene lainnya. Save game anda dan lanjutkan perjalanan.

Saksikan Cutscene, bola energi yang anda lihat memiliki kemampuan untuk mengubah cuaca. Monster yang akan anda hadapi pun akan berbeda bergantung dari cuaca yang anda pilih, panas atau hujan. Setelah menyaksikan cutscene, jangan sentuh bola energi pertama yang anda lihat.

Lanjutkan perjalanan, hentikan hujan menggunakan bola energi yang anda lihat lalu belok ke kanan. Ambil Metal Armband yang ada di dalam Chest. Ubah menjadi hujan di bola energi selanjutnya. Pergi turun ke arah bawah, belok ke arah kiri lalu hentikan hujan di bola energi selanjutnya (usahakan untuk tidak ketahuan oleh Scalebeast).

Ambil Aqua Ring dimana Scalebeast berada sebelum hujan berhenti. Lanjutkan perjalanan ke bola energi selanjutnya. Kalahkan beberapa Wyvern yang anda temui di sepanjang perjalanan. Gunakan Saboteur dan Synergist untuk mengalahkan mereka.

Setelah mengalahkan Wyvern, ubah cuaca di bola energi terdekat lalu save game anda dan bersiaplah untuk menghadapi Boss!

Boss: Enki and Enlil

Paradigm yang disarankan untuk mengalahkan Enki dan Enlil dengan mudah:

  1. Medic / Ravager
  2. Medic / Commando
  3. Medic / Synergist
  4. Saboteur / Synergist
  5. Saboteur / Ravager
  6. Ravager / Ravager

Mulai pertarungan anda dengan Paradigm nomor 3. Paradigm ini akan memberikan Buff yang anda butuhkan sekaligus Healing dari damage yang mungkin ditimbulkan oleh Boss selama proses Buff berlangsung. Setelah Buff didapatkan, ganti ke Paradigm nomor 4 untuk memberikan Debuff kepada Boss. Enlil adalah target prioritas anda. Saat kondisi Stagger dimulai, pindah ke Paradigm nomor 6. Jika anda menerima terlalu banyak damage, ubah ke Paradigm nomor 2. Setelah anda berhasil melumpuhkan Enlil, lakukan strategi yang sama untuk Enki.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#