Cara Mengalahkan Royal Menagerie – Final Fantasy XIV

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIV#

Pertarungan melawan Royal Menagerie merupakan pertarungan terakhir di Final Fantasy XIV: Stormblood. Disarankan untuk melawannya di level 70, meskipun anda bisa mencoba melawannya di bawah level tersebut, namun semakin tinggi level anda semakin baik.

FASE 1

  • Falling Off – Anda bisa terjatuh dari arena tempat anda bertempur, jadi waspadalah!
  • Auto Attacks – Serangan ini akan terus ada selama pertempuran berlangsung. Auto Attack terjadi sebanyak dua kali dalam satu serangan, tiap serangan mengenai Tank yang berbeda. Tiap Auto Attack menghasilkan ribuan Damage, jadi Tank dan Healer harus bekerjasama dengan baik.
  • Stacking AoE – Menagerie akan menandai salah satu tim anda dengan indikator penanda yang besar. Stack atau kumpul di dekat salah satu tim anda yang memiliki penanda tersebut untuk mnegurangi damage yang dihasilkan.
  • Akh Morn – Serangan ini akan menargetkan Tank atau salah satu anggota tim anda secara random. Anggota tim yang menjadi target harus lari menjauhi yang lainnya dan keluar dari serangan AoE. Tank harus menemani teman yang menjadi target agar Damage yang dihasilkan bisa terbagi.
  • Blue Line AoE – Serangan ini cukup mudah untuk dikenali. Saat ada jalur lurus berwarna biru menerjang posisi anda, segera hindari.
  • Earth Breath – Menagerie akan memilih dua anggota tim anda. Keduanya harus memilih posisi dan berdiri bersama. Menagerie akan mengeluarkan serangan Earth Breath kepada kedua anggota tadi.

Corrupted Aether

Bar ini akan terisi penuh setiap waktu. Setiap waktu bar terisi, Menagerie akan melakukan serangan Primal Attack sebagaimana Primal pada umumnya di Final Fantasy XIV. Berikut serangan yang harus anda waspadai dan strategi menghadapinya.

  • Tidal Wave – Air akan menyemprot keluar di bagian ujung arena. Segera berdiri di sebelah air tersebut dan waspada agar tidak terjatuh.
  • Hellfire – Berdiri di atas genangan air untuk mengurangi damage yang dihasilkan.
  • Earthen Fury – Serangan AoE ini tidak dapat anda hindari.
  • Diamond Dust – Lantai tempat anda berdiri akan membeku. Jangan bergerak saat lantai membeku atau anda akan terjatuh dari arena. Saat es mencair, akan tercipta genangan air.
  • Judgement Bolt – Jangan berdiri di genangan air saat serangan ini berlangsung, damage yang dihasilkan akan jauh lebih besar.
  • Aerial Blast – Sebuah tornado akan muncul di tengah arena. Beridiri di sebelahnya lalu terus berjalan menuju ke arah tornado tersebut tiap kali tornado menghempas anda.
  • Corrupted Aether tidak akan menjadi masalah besar di Fase 1, namun saat Fase 3 berlangsung, anda harus mewaspadai setiap serangan dengan baik.

FASE 2

Fase kedua terjadi saat HP Menagerie mencapai sekitar 75%. Menagerie akan terbang ke udara dan arena akan di bombardir oleh Meteor. Akan ada 3 gelombang serangan seperti ini. Damage yang dihasilkan akan semakin besar dan menemukan tempat untuk menghindari meteor ini akan lebih sulit.

Tiap gelombang serangan akan memunculkan dua macam monster, Ginryu dan Hakkinryu. Kalahkan mereka dengan cepat, gunakan semua DPS yang anda miliki, kalahkan Ginryu terlebih dulu baru kemudian Hakkinryu. Ginryu tidak akan menjadi masalah bagi anda namun Hakkinryu harus diterjang terlebih dulu oleh Hero Tank agar dapat melindungi teman satu tim dari serangannya yang lumayan mematikan.

Gelombang pertama akan ada 2 Ginryu dan 1 Hakkinryu. Gelombang kedua akan ada 3 Ginryu dan 1 Hakkinryu, sedangkan gelombang terakhir akan ada 5 Ginryu. Tiap gelombang memiliki waktu sekitar 15 detik menuju gelombang berikutnya, jadi usahakan untuk mengalahkan Ginryu dan Hakkinryu kurang dari waktu tersebut atau anda akan kewalahan melawan mereka.

Setelah gelombang ketiga, Menagerie akan mengeluarkan serangan AoE. Pastikan Healer melakukan tugasnnya dengan baik. Setelah AoE selesai dikeluarkan, sebuah Active Time Event (ATE) akan muncul. Selama ATE berlangsung, anda harus menekan klik dengan cepat untuk membebaskan diri anda sendiri atau mati seketika.

FASE 3

Fase ketiga dimulai saat anda berada di platform baru. Menagerie akan menggunakan semua serangan yang ada di Fase 1 dan juga serangan baru berikut ini.

  • Arena Wide Line – Saat Fase 3 dimulai, Menagerie akan menggunakan serangan AoE di barisan tertentu. Hindari serangan ini dengan cara berlari ke arah pojok yang aman.
  • Tail Slap – Menagerie akan menghantamkan buntutnya. Jika buntutnya menghantam ke area berwarna biru, maka platform tersebut akan retak. Jika Menagerie menghantamkan buntutnya ke area yang telah retak, platform tersebut akan hancur. Jadi jangan berdiri di atas platform berwarna biru yang telah retak. Saat buntutnya mendarat, anda memiliki kesempatan untuk membunuh buntut tersebut.
  • Ice Storm – Serangan AoE ini tidak dapat dihindari, damage yang dihasilkan tidak begitu besar.
  • Center Slam – Menagerie akan memukul platform abu yang ada di tengah beberapa kali. Jangan pernah berdiri tepat di tengah platform.

Untuk memenangkan pertarungan di Fase 3, anda harus memposisikan diri anda dengan tepat. Pastikan anda tidak terjatuh dari platform. Semua anggota tim harus berdiri di platform berwarna abu yang ada di bagian pojok untuk lebih amannya.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIV#