Anime Review : Bakuman (バクマン。)

Genre : Romance, Shounen, Comedy, Slice of Life

Studio : J.C. Staff

Episode : 25

Season : 3

Anime yang diapdatasi dari manga yang berjudul sama yaitu ‘Bakuman” yang berarti “Bertaruh” menceritakan tentang dua murid SMP yang bermimpi ingin menjadi penulis komik (manga) terkenal.

Anime ini bercerita tentang Moritaka Mashiro yang ingin menjadi penggambar komik terkenal dan Akito Takagi yang ingin menjadi penulis cerita terkenal. Mereka berdua saling bertemu dan bertukar pikiran lalu pada akhirnya bergabung untuk membuat komik dengan dukungan Azuki Miho (seorang cewek yang ditaksir Mashhiro) yang juga ingin menjadi pengisi suara karakter anime.

Di dalam perjalanannya, kedua sahabat ini harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk mencapai impian mereka. Keduanya harus mengalami jatuh bangun seperti saat sakit, mengalami krisis finansial hingga bahkan hampir retaknya hubungan persahabatan diantara mereka berdua.

Anime ini bagus bagi anda yang tertarik dengan proses pembuatan komik. Selain itu, Bakuman juga diselingi oleh perjuangan bagaimana pahit manisnya dalam proses pembuatan komik. Lingkungan sekitar pun ternyata berperan penting dan dapat mempengaruhi karakter utama baik dalam mendapatkan inspirasi atau kegagalan.

Bakuman memiliki jalan cerita yang menarik dengan karakter yang kocak. Selain itu, sifat kerja keras dan penuh tanggung jawab akan sebuah komitmen yang telah dibuat pun ditunjukkan dengan suguhan yang menakjubkan. Grafik dan musik yang dihidangkan pun sangat cocok dengan situasi yang ada sehingga membuat anime ini menjadi salah satu anime yang wajib untuk ditonton.