Panduan Final Fantasy XIII Chapter 5 – The Gapra Whitewood

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Gambar pada halaman ini masih dalam proses update (Updating…)

Disini anda akan mengendalikan Hope, naikkan semua level Crystarium karakter anda lalu save game. Pastikan Lightning memiliki ability Launch. Saat berjalan bersama Lightning, anda akan melawan Frag Leeches. Frag Leeches sangat mudah untuk dibunuh dengan Blitz milik Lightning.

Saat Frag Leeches masuk ke dalam kondisi Stagger, maka Lightning secara otomatis akan mengeksekusi ability Launch. Terus lakukan hal ini sampai anda menyaksikan cutscene berikutnya. Dalam cutscene, Lightning akan memberikan Hope sebuah Survival Knife miliknya.

Aktifkan dan naik ke dalam elevator lalu save game anda. Musuh yang anda lawan selanjutnya tidaklah begitu sulit sampai anda bertemu dengan Vespid. Vespid menggunakan Magic berbasis Fire, Equip Ember Ring ke Hope. Saat melawan mereka, gunakan Paradigm Supersoldier untuk memudahkan pertarungan. Kalahkan Thexteron terlebih dulu baru kemudian Vespid. Jika HP salah satu karakter anda berada di bawah rata-rata segera gunakan Healing.

Lanjutkan perjalanan sampai anda bertemu dengan Alpha Behemoth. Di dekatnya anda bisa menemukan beberapa Antidote. Saksikan cutscene lalu save game anda. Di belakang Vespid yang anda temui, ada Treasure Chest berisi weapon Hawkeye untuk Hope. Gunakan Deceptisol untuk memudahkan pertarungan anda.

Saat anda sampai di pintu yang bersinar, anda akan menyaksikan pembicaraan antara Lightning dan Hope. Save game anda sebelum melanjutkan perjalanan. Mulai dari sini anda akan bertemu dengan monster yang agak sulit untuk dikalahkan seperti Silver Lobo, namun jika anda memasukkannya ke dalam kondisi Stagger, Lightning akan otomatis mengeluarkan ability Launch miliknya yang berarti memudahkan pertarungan melawan sang monster.

Lanjutkan perjalanan, disini anda akan bertemu dengan beberapa Crawler yang menjaga Treasure Chest berisi Antidotes. Beberapa Crawler juga dapat anda temukan setelahnya. Selanjutnya setelah Silver Lobo dan Crawler ada Feral Behemoth. Gunakan Paradigm Slash & Burn lalu segera pindah ke Dualcasting untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger. Gunakan kembali Paradigm Slash & Burn agar Lightning dapat meluncurkan ability Launch miliknya.

Saat anda melawan Crawler, gunakan Paradigm War & Peace saat HP Hope berada di bawah rata-rata. Saksikan cutscene setelahnya. Anda akan mengontrol Lightning mulai dari sini. Save game anda setiap kali anda melihat lokasi untuk save. Ambil Star Pendant yang ada di sebelah kanan.

Lanjutkan perjalanan sampai anda mendapatkan weapon berupa Edged Carbine untuk Lightning yang dijaga oleh Barbed Specter. Setelah melawan beberapa monster selanjutnya, anda akan berhadapan kembali dengan Feral Behemoth.

Ada sebuah gerbang dekat dengan Save Station. Di sebelah kiri ada Feral Behemoth yang menjaga Treasure Chest berisi 1500 Gil. Di bagian sebelah kanan ada Treasure Chest berisi Vials of Fragrant Oil yang dijaga oleh Feral Behemoth dan Crawler. Disini anda bisa memilih untuk menghindar melawan Lobos dan Behemoth. Masuk ke dalam elevator, lawan Silver Lobo yang menyambut anda disini lalu saksikan cutscene.

Lanjutkan perjalanan, kalahkan Corps Watchmen, Corps Marksmen dan Milvus Velocycles yang menghalangi jalan anda. Ambil Ethersol lalu save game anda. Selanjutnya anda akan berhadapan dengan Milvus Velocycle dan Corps Soldier. Kalahkan Corps terlebih dulu. Setelah selesai, jangan lupa untuk menaikkan Role Synergist milik Hope lalu Commando dan Ravager milik Lightning. Kini saatnya bertarung melawan Boss, aktifkan Fortisol dan Aegisol.


Boss Battle: Aster Protoflorian

Pertama-tama gunakan Libra. Boss Aster akan melancarkan serangan Exproof dengan elemen tertentu, contoh Exproof: Fire akan membuat Aster menyerang menggunakan Fire dan lemah terhadap serangan Water. Pastikan anda memasukkannya ke dalam kondisi Stagger dengan cepat. Usahakan agar Hope tidak mati, karena anda akan sedikit kesulitan untuk membawanya kembali hidup. Serangan Aster akan semakin sulit saat HP-nya berada di bawah 50%.


#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#