Panduan Final Fantasy XIII Chapter 4 – The Vile Peaks

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Gambar pada halaman ini masih dalam proses update (Updating…)

Saat anda mengontrol Sazh dan Vanille, save game lalu pergi ke arah marker pada peta. Saat anda mengontrol Lilghtning dan Hope, anda akan melawan musuh baru bernama Thexteron, usahakan untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger dengan cepat. Setelah berhasil melawannya, pergi ke arah lingkaran berwarna biru untuk mendapatkan Librascope.

Di jalur sebelah kiri ada Pantheron dan Thexteron, kalahkan Thexteron terlebih dulu. Di bagian depan ada beberapa Watchdrone, pindah ke paradigm Slash & Burn saat ia sedang charging Electrokick. Selanjutnya anda akan dihadapkan dengan Thexteron dan Watchdrone, seperti biasa, kalahkan Thexteron terlebih dulu.

Selanjutnya melawan Pulsework Soldier, usahakan untuk menyerang tanpa ketahuan oleh mereka (Preemptive Strike). Saat mereka berada dalam kondisi stagger, mereka akan lebih mudah dan cepat untuk dikalahkan. Setelah berhasil mengalahkan mereka, saksikan cutscene.

Saat anda kembali mengontrol Sazh dan Vanille, Sazh hanya dapat menggunakan dua buah paradigm. Gunakan CP yang telah anda dapatkan untuk menaikkan level Saboteur milik Vanille, sedangkan untuk Sazh, naikkan Ravager dan Synergist.

Save game anda, kalahkan Pulsework Soldier terlebih dulu kemudian Watchdrones. Cek mesin yang ada disana, lawan 2 Thexterons dan Pulsework Soldier yang anda temui, ushakan untuk melawan mereka tanpa diketahui (Preemptive Strike) lalu habisi kedua Thexterons terlebih dulu agar pertarungan lebih mudah.

Kalahkan Thexteron, Pulsework Soldier kemudian Watchdrone secara berurutan. Ambil Black Belt yang ada disana, aktifkan panel, saksikan cutscene dan bersiaplah untuk mengontrol Sazh, Vanille dan Hope. Kalahkan Pulsework Soldier lalu ambil Treasure Chest berisi Ninurta untuk Hope. Save game anda, lanjutkan perjalanan ke arah marker pada peta.

Lawan setiap musuh yang anda temui untuk farming CP. Anda juga akan disergap oleh beberapa Incubus, serangan mereka menghasilkan damage yang cukup besar, jadi waspadalah. Gunakan buff Faith lalu ubah Paradigm ke Tri-Disaster.

Teruskan perjalanan lalu ambil Phoenix Down dan Metal Armband yang ada di area sebelah kiri. Save game anda, gunakan Deceptisol untuk menghadapi musuh-musuh selanjutnya agar anda mendapatkan Preemptive Strike. Berhati-hatilah dengan 2 Incubus dan Succubus.

Setelah selesai, anda akan mengendalikan Lightning, Sazh dan Vanille. Lanjutkan perjalanan, aktifkan panel, naik ke atas lalu save game anda. Kalahkan musuh yang anda temui, ambil Librascope yang ada di sebelah kanan, kalahkan Pulsework Soldier dan Succubus yang menjaga Treasure Chest berisi Ember Ring. Equip item tersebut ke Sazh dan bersiaplah untuk menghadapi Boss.


Boss: Dreadnought

Gunakan Libra, lalu buff Vanille dengan Faith lalu Lightning dengan Bravery dan juga Faith. Vanille akan debuff sang Boss dengan Deprotect dan Deshell, saat kedua debuff sudah berhasil dilancarkan, pindah ke Paradigm Tri-Disaster untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger.

Saat ia menggunakan Steam Clean untuk menghilangkan debuff, pindah lagi ke Paradigm Ruthless untuk memberikan efek debuff lalu pilih Paradigm Relentless Assault. Jika efek Stagger telah habis, kembali gunakan Paradigm Tri-Disaster. Jika sang Boss mengeluarkan skill Wrecking Ball, segera pindah ke Paradigm Diversity. Ulangi langkah diatas hingga ia berhasil dikalahkan.


Saat ini anda sudah dapat meng-upgrade Weapon. Komponen yang memberikan EXP Bonus termasuk ke dalam Organic Components sedangkan komponen yang mengurangi EXP Bonus adalah Electronic Components. Anda bisa men-dismantle Equipment yang tidak anda butuhkan untuk mendapatkan komponen. Sedikit tips, kelola item di inventory dengan pilihan sorting Categorize ketimbang Alphabetize.

Lanjutkan perjalanan, save game dan saksikan cutscene. Anda akan mengontrol Lightning dan Hope, kalahkan PSICOM tersebut lalu lanjutkan perjalanan ke arah marker pada peta. Ambil arah kiri lalu kalahkan Corps Regular yang anda temui. Ambil Fiber-optic Cable dan Librascope yang ada di sebelah kanan. Ushakan untuk mendapatkan Preemptive Strike saat anda melawan musuh selanjutnya, Uhlan. Gunakan Paradigm Dualcasting.

Selanjutnya anda akan mengontrol Dreadnought. Anda akan mendapatkan bervariasi item bergantung dari jumlah Pulsework Soldier yang berhasil anda bunuh. Lanjutkan perjalanan, ambil Electrolytic Capacitor lalu save game. Kalahkan Uhlan dan ambil Spark Ring. Pergi ke arah kanan untuk mendapatkan Phoenix Down. Lompat ke bawah dan serang musuh yang ada di sekitar area ini, lari dan menghindar juga dapat anda tempuh jika mau. Kini bersiaplah menghadapi Boss!


 Boss: Odin

Serangan mematikan Odin adalah Skyward Swing. Gunakan buff terlebih dulu lalu saat HP bar salah satu karakter berwarna kuning, segera gunakan Paradigm yang terdapat Role Medic didalamnya, seperti War & Peace atau Yin & Yang. Gunakan Dualcasting saat Odin mengeluarkan skill Ullr’s Shield. Kembali ke Paradigm Medic saat ia berhenti menggunakan Shield. Tekan tombol Kotak atau X saat bar Gauge penuh.


Kembali ke jalur sebelumnya untuk mengambil Phoenix Down yang ada disana. Kini anda akan melawan musuh baru bernama Bombs. Mereka memiliki setengah HP dan akan healing HP mereka sendiri saat menyerang. Jika HP telah penuh, Bombs akan menggunakan skill Self-Destruct yang akan membunuh anda dan kawan-kawan. Usahakan untuk mendapatkan Preemptive Strike saat menyerang mereka.

Lanjutkan perjalanan, aktifkan mesin yang ada disana, ambil Auric Amulet lalu lawan Pulse Automata. Save game dan lawan Gremlins, mereka mudah untuk dikalahkan. Pastikan anda mengambil Ember Ring yang dijaga mereka.

Saat anda mencapai ke area yang lebih besar, belok ke arah kanan dan ambil Phoenix Down yang ada disana. Disini anda harus mengaktifkan mesin di keempat wilayah yang berbeda. Kalahkan monster yang menjaga keempat wilayah tersebut.

Saat anda berhasil mengaktifkan panel, pintu gerbang akan terbuka. Ambil Fortisol yang ada disana, lawan Bombs dan Pulseworker yang ada disini, usahakan untuk mendapatkan Preemptive Strike. Ambil juga 300 Gil yang ada di jalur selanjutnya. Chapter 4 pun selesai, saatnya menyaksikan cutscene.

 

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#