Panduan Final Fantasy XIII Chapter 3 – Lake Bresha

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Gambar pada halaman ini masih dalam proses update (Updating…)

Saat memulai Chapter 2, anda kembali disuguhkan dengan Tutorial Battle. Anda bisa menyesuaikan pertarungan anda menggunakan taktik Paradigm yang berbeda-beda sesuai dengan musuh yang anda lawan. Ada taktik paradigm yang full Offense, ada juga yang dipergunakan untuk bertahan dan Healing. Sesuaikan taktik yang anda butuhkan agar dapat memenangkan pertarungan dengan baik.

Mulai dari sini, anda akan mendapatkan Experience, jadi usahakan untuk melawan semua musuh yang anda temui. Pergi ke lokasi yang terlihat pada peta, ambil Pearl Wing Staff di dalam Treasure Chest yang ada disekitar area tersebut. Lanjutkan perjalanan dan ambil treasure Chest berisi Chipped Fangs dan selanjutnya 200 Gil yang ada di sebelah kanan.

Kalahkan PSICOM Warden yang anda temui, gunakan taktik yang telah anda pelajari sebelumnya. Mulai dari sini anda bisa menggunakan Libra. Fungsi Libra adalah mengetahui kelemahan musuh yang anda lawan. Setelah menggunakan Libra, Auto-battle dan teman anda satu tim akan otomatis menggunakan skill yang menjadi kelemahan musuh. Jadi gunakan Libra ke setiap musuh yang baru anda temui pertama kali.

Lanjutkan perjalanan, lawan 3 Ghats dan 3 Whyte di area yang anda lalui lalu belok ke arah kanan. Ikuti jalur tersebut sampai anda menemukan Treasure Chest berisi Cie’th Tears. Teruskan perjalanan sampai anda menemui jalur ke arah sebelah kiri, disini anda akan menemukan Silver Bangle.

Save game anda di sebelah kanan lalu lanjutkan perjalanan dan ambil Phoenix Down dan 50 Gil yang anda temui di jalan yang anda lalui. Kalahkan Pantheron yang anda temui lalu ambil Strange Fluid pada Treasure Chest yang ada disana.

Di jalur berikutnya, ambil jalur kiri sampai anda menemukan sebuah Treasure Chest berisi Magician’s Mark. Ikuti jalur hingga anda menemukan tempat save.


Boss: Manasavin Warmech

Ingat boss satu ini yang anda lawan sebelumnya di awal game? Kali ini ia kembali dengan HP yang lumayan besar, jadi usahakan untuk membuatnya ke dalam kondisi Stagger. Gunakan kombinasi satu Commando dan dua Ravager untuk mengisi bar Stagger-nya lebih cepat. Waspada terhadap skill yang ia lancarkan kepada tim anda, jika ia akan mengeluarkannya, maka pindah ke taktik Commando, Sentinel dan Medic. Gunakan Potion jika dirasa perlu.


Setelah berhasil mengalahkannya, pergi ke lokasi yang telah ditandai pada peta dan saksikan cutscene. Tim anda kini adalah Lightning, Vanille dan Sazh. Saat anda menemui dua buah jalur, ambil jalur kanan untuk mengambil Strange Fluid di Treasure Chest yang ada disana.

Kalahkan Pantheron yang anda temui, cek arah sebelah kiri lalu lompat untuk menemukan dua buah Treasure Chest berisi 240 Gil dan senjata Deneb Duellers untuk Sazh. Kembali Turun ke arah bawah lalu ambil arah kanan. Sebrangi pipa besar yang ada disini dan kalahkan Bloodfang Bass yang menjaga Treasure Chest berisi Enigmatic Fluid.

Lanjutkan perjalanan ke lokasi yang telah ditentukan pada peta. Ambil Treasure Chest berisi Wicked Fang yang ada disana. Saat anda tiba di lokasi marker yang ditunjukkan pada peta, anda akan menemukan kalau jalur tersebut buntu. Setelah menyaksikan cutscene, pergi ke arah jembatan, dan cek Airship rusak yang ada di sekitar sana untuk membuka jalan. Lanjutkan perjalanan dan pastikan untuk save game karena selanjutnya anda akan bertarung melawan Boss!


Boss: Alpha Behemoth

Saat anda melawan Behemoth, anda akan disuguhkan dengan Battle Technique Tutorial. Gunakan Libra lalu serang dengan menggunakan Paradigm Tri-Disaster sampai ia masuk ke dalam kondisi Stagger lalu habisi dengan Paradigm Relentless Assault. Gunakan Paradigm berisi taktik Medic milik Vanille jika HP anda sedikit.


Setelah berhasil mengalahkannya, ambil jalur ke kanan untuk mendapatkan Librascope lalu kembali ke jalur utama. Disini anda akan menghadapi musuh baru bernama PSICOM Tracker dan Watchdrones. Ambil jalur sebelah kanan untuk mendapatkan Digital Circuits.

Sebrangi jembatan lalu ambil jalur kanan untuk mendapatkan Paraffin Oil. Ke depan sedikit ada Treasure Chest berisi 50 Gil. Saat mencapai puncak, belok kanan untuk mendapatkan Insulated Cabling. Lanjutkan perjalanan ke arah marker pada peta. Ambil 30 Gil dan Begrimed Claws yang ada di jalur yang anda lalui.

Save game di tangga lalu masuki bangunan yang anda temui. Cek di sebelah kanan untuk mendapatkan 600 Gil. Disini anda bisa melawan atau menghindari sang Behemoth. Pergi ke arah jalur kecil yang ada di sebelah kanan untuk mendapatkan Digital Circuits. Belok kiri, habisi setiap musuh yang anda temui, naiki jembatan untuk menuju marker.  Jika anda memilih langsung untuk belok ke kanan, anda akan menemukan Treasure Chest berisi Begrimed Claws.

Di belakang  bangunan yang mirip air mancur ada Treasure Chest berisi Spark Ring. Lanjutkan perjalanan, ikuti saran Vanille jika anda ingin cepat atau ambil jalur yang panjang untuk mendapatkan item penting bernama Millerite. Jika anda memilih jalur yang panjang, anda akan dihadapkan dengan PSICOM Executioner dan 2 Ranger.

 

Ikuti Sazh naik ke arah tangga lalu ambil Treasure Chest berisi Ferroelectric Film. Lompat ke bawah dan lawan musuh yang ada disana jika anda mau. Naiki tangga, save game anda, ambil Treasure Chest berisi Phoenix Down di sebelah kanan dan Librascope di sebelah kiri. Bersiaplah untuk menghadapi Boss selanjutnya!


Boss: Garuda Interceptor

Di fase pertama, gunakan Paradigm Tri-Disaster samapi ia masuk ke dalam kondisi Stagger lalu habisi dengan Paradigm Relentless Assault. Di fase kedua, gunakan Libra. Anda akan mengetahui kelemahannya terhadap Aero. Saat ini Garuda memiliki Barrier dimana ia imun terhadap serangan Physical Attack dan Ruin.

Skill Hellstorm Bolt yang ia miliki dapat membuat HP anda jatuh drastis. Saat ia menggunakan skill tersebut, pastikan anda memilih Paradigm Thaumaturgy. Gunakan Paradigm Tri-Disaster sampai ia masuk ke dalam kondisi Stagger, saat ia berada dalam kondisi Stagger, Barrier yang dimilikinya akan musnah, habisi dengan Paradigm Relentless Assault. Setelah berhasil mengalahkannya, Sazh akan memiliki taktik baru Synergist sedangkan Vanille Saboteur.


Saat anda mengontrol Snow, kalahkan PSICOM yang anda temui lalu bersiaplah untuk melawan Eidolon, Shiva Sisters!


Boss: Shiva Sisters

Gunakan Paradigm Ravager untuk menyerang Styria, Saat ATB Charge muncul di atas kepala Styria, gunakan Paradigm Sentinel. Ia akan menyerang anda lalu bar Gestalt Gauge akan terisi dengan cepat. Saat ia selesai, kembali gunakan Paradigm Ravager, lalu gunakan Paradigm Sentinel kembali saat ATB Charge Styria penuh.

Setelah bar Gestalt Gauge penuh, tekan kotak atau X. Anda akan menyaksikan cutscene dengan Fang disini. Chapter 3 pun berakhir.


#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#