Cara Menangkap Pokemon di Pokemon GO

catchpokemon

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#

Di bagian pojok kanan bawah, anda bisa melihat tab bernama ‘Nearby Pokemon’. Jika anda klik, tab ini berisikan informasi mengenai Pokemon terdekat. Jarak Pokemon ditandai dengan jejak kaki, ada empat kategori jejak kaki dari 0 – 3. Semakin sedikit jejak kaki, maka diketahui semakin dekat anda dengan Pokemon tersebut. Pokemon tanpa jejak kaki menandakan ia ada di area sangat dekat sekali dengan anda!

  • 0 Jejak Kaki – Berada sangat dekat dengan anda dan akan muncul sebentar lagi
  • 1 Jejak Kaki – estimasi berada di jarak sekitar 20 Meter
  • 2 Jejak Kaki – estimasi berada di jarak sekitar 100 Meter
  • 3 Jejak Kaki – estimasi berada di jarak lebih dari 100 Meter
nearbypokemon

Saat berada dekat dengan Pokemon, Smartphone anda akan memberi notifikasi berupa getaran. Persiapkan diri anda dengan baik. Untuk menangkap Pokemon, lempar PokeBall ke arah Pokemon dengan menggesekkan jari anda ke arahnya. Namun sebelum itu, perhatikan informasi berikut.

Tiap Pokemon memiliki sebuah lingkaran berwarna disekitarnya. Warna pada lingkaran ini merupakan sebuah indikator yang menyatakan seberapa sulit menangkap Pokemon tersebut. Untuk hasil yang lebih baik saat menangkap Pokemon, tunggu hingga lingkaran yang ada di sekitar Pokemon tersebut mengecil lalu lemparkan Pokeball.

Jadi kesimpulan untuk menangkap Pokemon dengan baik:

  • Klik dan tahan PokeBall, anda akan melihat bulatan di dalam lingkaran yang ada pada Pokemon semakin lama semakin mengecil.
  • Lempar PokeBall dengan cara menggeser jari anda ke atas (ingat, semakin kecil lingkaran pada saat anda melemparkan PokeBall, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan Pokemon tersebut)

Berikut penjelasan masing-masing warna pada lingkaran:

circlecolordifficultypokemongo

  • Hijau – Easy Capture (Pokemon mudah ditangkap)
  • Oranye – Medium Capture (Pokemon agak sulit ditangkap)
  • Merah – Hard Capture (Pokemon sulit ditangkap)

Jika Pokeball yang anda gunakan untuk menangkap Pokemon tidak menunjukkan hasil yang baik, anda mungkin harus menggunakan jenis Pokeball lainnya seperti Greatball, Ultraball atau bahkan Masterball. Razz Berries juga dapat digunakan untuk meningkatkan presentase keberhasilan menangkap Pokemon.

Pokemon dengan CP ??? di atas kepalanya menandakan Pokemon tersebut terlalu kuat untuk ditangkap. Naikkan level anda terlebih dulu sebelum berusaha untuk menjadikannya milik anda.

  • Incense (gambar sebelah kiri) – Menggunakan item seperti Incense akan menarik perhatian Pokemon untuk mendekat ke arah anda. Efek ini memiliki durasi selama 30 menit.
  • Lure Module (gambar sebelah kanan) – Item ini memiliki tingkat efektifitas lebih besar dibandingkan dengan Incense. Lure Module dapat digunakan di PokeStop pilihan anda, saat di deploy, Lure Module ini dapat dilihat oleh player lainnya, dan menarik Pokemon ke arah anda dan player lainnya selama 30 menit. Cocok digunakan saat anda bermain dengan teman.

Menggunakan Lure Module

howtouseluremodule
Credit to imore.com
  • Klik PokeStop
  • Lihat gambar berbentuk pil berwarna putih di atas lingkaran, klik pil tersebut dan pasang Lure Module yang ada di bagian bawah

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#