Panduan FF XIII Lightning Returns – Bagian 4.4: Murals of the Gods

ff13lightningreturnsmuralsofthegods

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII: Lightning Returns#

Di sini anda diminta untuk menemukan 3 ruang Mural yang tersembunyi. Dua diantaranya bisa diakses langsung, sedangkan untuk mengakses ruang Mural ketiga, anda harus mengaktifkan 2 Mural lainnya terlebih dulu. Mural pertama berlokasi di Twilight Chamber sebelah barat dari Sacred Gate.

Setibanya di ruangan ini, anda akan melihat lokasi Tablet yang digunakan untuk mengaktifkan Mural. Tiga buah Tablet dibutuhkan untuk tiap Mural dan Hope akan menunjukkan lokasinya pada anda melalui peta. Untuk membuka Tablet anda membutuhkan Pilgrim’s Crux.

Teleport ke Dead Dunes Station lalu pergi ke arah timur (sebelah kanan) hingga anda berada dekat dengan pantai. Pilgrim Crux#1 bisa anda temukan di bawah pipa besar. Kembali ke Dead Dunes Station, gunakan patung Cactuar dan teleport ke Temple Ruins North Gate.

pilgrimcrux1
Pilgrim’s Crux#1

Dari sini pergi ke arah Grave of the Colossi. Saat berada di jalur menuju Grave of the Colossi, lihat ke sebelah kiri, di sana anda akan menemukan Pilgrim’s Crux#2 yang ada di atas bukit kecil. Lompat dan ambil lalu sebrangi Grave of the Colossi menuju ke arah barat laut.

Pilgrim's Crux#2
Pilgrim’s Crux#2

Di jalur yang menghubungi Grave of the Colossi dan Atomos’s Sands (bukan jalur Atomos’s Sands dan Ruffian), lihat ke arah semak. Di sana anda akan menemukan Pilgrim’s Crux#3.

Pilgrim's Crux#3
Pilgrim’s Crux#3

Setelah mendapatkan ketiga Pilgrim’s Crux yang dibutuhkan, kini anda tinggal mengunjungi 3 Shrine untuk mendapatkan Tablet. Shrine ini masing-masing berlokasi di Atomos’s Sand, Grave of the Colossi dan Dry Floodlands. Shrine ini mudah ditemukan karena tiap Shrine memiliki patung Red Cactuar di sekitarnya.

Jangan khawatir, saat berada di dalam Shrine anda tidak akan tersesat karena lokasi ini berbentuk satu jalur dan tidak berbelit-belit. Habisi musuh yang menghalangi dan ambil Tablet yang ada di ujung Shrine. Ulangi langkah ini untuk kedua Shrine selanjutnya.

tabletshrine

Setelah anda menemukan ketiga Tablet yang dibutuhkan, teleport ke Sacred Gates, saatnya menjelajah tiga lokasi Gallery untuk menempatkan Tablet pada Mural yang telah tersedia.

Mural #1: Twilight Gallery

Masuk ke Twilight Gallery dan tempatkan Tablet yang telah anda dapatkan ke lokasi Mural. Setelah menyaksikan cutscene, anda akan mendapatkan item Crux Body.

Mural #2: Gallery of Creation

This slideshow requires JavaScript.

Buka pintu merah seperti yang terlihat pada gambar diatas menggunakan dengan menggunakan device yang ada di pojok kanan. Setelah itu ikuti jalur Walk of Peace lalu belok ke arah kanan dimana ada monster Gurangatch yang menjaga jalur ini. Kalahkan Gurangatch dan lanjutkan perjalanan hingga anda tiba di Golden Chamber: Upper Level.

goldenchamberupperlevel

Lurus terus dan naiki tangga yang ada di depan, aktifkan Chronostasis. Belok ke arah kanan, ikuti jalur hingga mentok lalu lompat ke kiri bawah. Ambil item yang ada disini. Lanjutkan perjalanan hingga anda bertemu dengan monster kucing Schrodinger dan kawan-kawan. Lurus terus dan belok ke arah kanan hingga mentok.

Lompat ke arah bawah, kini anda telah tiba di Golden Chamber: Lower Level. Lurus terus hingga mentok lalu belok kiri, anda akan menemukan Timed Doors. Jika pintunya tertutup, tunggu beberapa saat hingga terbuka. Masuk ke dalam, lurus terus hingga anda menemukan device berwarna merah untuk membuka ruangan selanjutnya.

reddevice

Lurus terus ke arah pagar besi di depan hingga mentok lalu lompat ke arah kanan. Masuk ke dalam pintu yang telah terbuka dan ikuti jalur Walk of Abyss hingga anda tiba di Scorched Earth: Upper Level. Belok ke arah kanan dan ikuti jalur Path of the Dead. Belok ke arah kanan dan ikuti jalur Confinement Pass, tempatkan Tablet, setelah menyaksikan cutscene anda akan mendapatkan item Crux Tip.

Mural #3: Gallery of Forgetfulness

Kembali ke Scorched Earth: Upper Level dan gunakan Pilgrim’s Crux pada pintu yang ada di sebelah utara. Di balik pintu ini anda akan menemukan patung Red Cactuar, gunakan Cactuar ini untuk teleport ke Sacred Gate. Belok kiri ke arah pintu yang telah terbuka. Ikuti jalur Headless Pass, tempatkan Tablet dan dapatkan item Crux Base disini.

lastmural

Setelah ketiga Crux ditemukan, anda akan mendapatkan item Saint’s Crux yang dapat digunakan untuk menuju Main Quest terakhir di Dead Dunes, The Holy Clavis.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII: Lightning Returns#