Panduan FF XIII Lightning Returns – Bagian 4.3: Where the Clavis Lies

ff13lightningreturnswheretheclavislies
#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII: Lightning Returns#

Pergi ke Temple Ruins North Gate. Bicara dengan Ruins Gatekeeper yang menjaga gerbang tersebut untuk membuka akses ke Path of Ashes. Ikuti jalur Path of Ashes ini hingga anda tiba di Chamber of Dusk: Upper Level. Aktifkan patung Red Cactuar.

CATATAN PENTING: Panduan ini akan memandu anda ke jalan tercepat yang dapat anda tempuh ke Main Quest selanjutnya, Murals of the Gods. Panduan ini tidak menjelaskan ruangan atau jalan lainnya.

Lanjutkan perjalanan ke arah selatan dan belok ke kanan (arah barat dari peta). Pergi ke arah utara dan turuni tangga untuk mengakses Chamber of Dusk: Lower Level. Di sini anda akan diberitahu oleh Fang mengenai Timed Doors. Gunakan Chronostasis untuk memudahkan perjalanan anda.

timeddoors

CATATAN PENTING: Di setiap pintu ‘Timed Doors’ terdapat arah jarum jam dan dua warna yang berbeda. Warna MERAH berarti pintu tertutup dan tidak bisa diakses, pintu ini akan terbuka dengan sendirinya pada waktu yang telah ditentukan oleh arah jarum jam. Warna BIRU berarti pintu terbuka dan bisa diakses, pintu ini akan tertutup dengan sendirinya pada waktu yang telah ditentukan oleh arah jarum jam (jika anda terjebak dalam pintu yang tertutup, tunggu kurang lebih 1 jam, pintu akan terbuka dengan sendirinya).

Pergi ke arah selatan pintu, belok kanan untuk mengakses Path of Ruin. Ikuti jalur ini hingga anda tiba di Chamber of Plenilune: Upper Level. Pergi ke arah selatan hingga mentok lalu belok kanan hingga anda bertemu dengan Timed Doors. Abaikan Timed Doors ini lalu belok ke kanan hingga anda menemukan lubang dan tangga menuju ke bawah.

chamberofplenilunelowerlevel

Setelah menuruni tangga, anda akan sampai di Chamber of Plenilune: Lower Level. Pergi ke arah selatan hingga mentok lalu belok kanan. Di sini anda akan menemukan sebuah pintu dengan simbol berwarna merah. Aktifkan device yang ada di sebelah kiri untuk membuka pintu.

Ikuti jalur Path of Vicissitude ini hingga anda tiba di Chamber of Flame. Hancurkan patung Skeleton untuk mendapatkan item. Terus ikuti jalur hingga anda tiba di Chamber of Floods (Sacred Gate). Aktifkan patung Red Cactuar. Periksa gerbang yang ada di utara dan bersiaplah untuk berpetualang ke Quest selanjutnya!

lastdoor

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII: Lightning Returns#