Advertisements

Berapa Sih RAM yang Dibutuhkan Agar Bisa Main Game Lancar di PC?

rekomendasiramuntukmaingamepc
Tidak seperti CPU atau Graphic Card, menggunakan lebih banyak RAM belum tentu dapat memperlancar game yang anda mainkan di PC. Jika anda sudah memiliki RAM yang bisa dikatakan cukup, menambah RAM lagi tidak akan membuat banyak perbedaaan yang signifikan. Pertanyaan yang diajukan banyak orang adalah berapa RAM yang diperlukan untuk dapat bermain game modern saat ini? Pertanyaan ini sering sekali muncul disaat membeli komputer pertama kali atau ingin mengupgrade RAM yang sudah ada.

Semua tentang Kapasitas, bukan Kecepatan

kapasitasram

Memiliki Graphic Card yang cepat akan meningkatkan performa grafis dan memungkinkan anda untuk memilih resolusi dan setting grafik yang lebih tinggi. Memiliki CPU dengan kecepatan tinggi pun akan meningkatkan performa anda dalam bermain game.

RAM berbeda dari Graphic Card dan CPU. Memang RAM DDR4 lebih cepat dibanding dengan RAM DDR3, namun perbedaan kecepatannya dalam Game sangatlah kecil. Yang perlu anda garis bawahi adalah berapa banyak kapasitas RAM yang anda miliki, bukan berapa kecepatan RAM anda. Anda membutuhkan RAM yang cukup agar program (termasuk game) yang berjalan pada komputer dapat menyimpan data-nya melalui RAM tanpa harus melalui hard drive yang akan membuat komputer menjadi lambat.

Jika komputer yang anda miliki paling sering digunakan untuk membuka web browser dan program-program kecil, RAM dengan kapasitas 4 GB sudah lebih dari cukup. Jika komputer yang anda miliki menyimpan banyak sekali data, virtual machine, sering menggunakan program dan game besar, RAM dengan kapasitas 32 GB mungkin tidaklah cukup.

RAM 8 GB untuk Game Modern

8gbrampcgame

Mayoritas game modern saat ini tersedia dalam bentuk platform seperti PlayStation 4 dan Xbox One. Baik PS4 dan Xbox One memiliki kapasitas RAM sebesar 8 GB. Tidak jauh berbeda dengan PC, kapasitas yang diminta oleh mayoritas game PC adalah 8 GB untuk saat ini. Kapasitas 8 GB adalah standar minimum, beberapa game PC merekomendasikan lebih dari itu. Contohnya, untuk dapat bermain game Quantum Break dengan setting Ultra, anda membutuhkan RAM minimal 16 GB.

Jika anda memiliki budget lebih dan ingin merasakan pengalaman ‘high-end gaming’, pilihan mengupgrade RAM anda ke 16 GB adalah pilihan yang tepat. Namun jika anda tidak memiliki budget berlebih, RAM dengan standar minimum 8 GB untuk game modern saat ini sudah lebih dari cukup.

Menggunakan Integrated Graphic? Anda butuh lebih banyak RAM

integratedvsdedicatedgpu

Integrated GPU (Graphics Processing Unit) tidak memiliki sumber RAM tersendiri, maka dari itu ia akan memakan kapasitas RAM yang anda miliki. Misal, anda memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB dan sebuah integrated GPU dari Intel. Integrated GPU akan mengambil sekian persen dari 4 GB kapasitas RAM yang anda miliki untuk keperluan pengolahan grafik.

Tentu nilai persen ini bergantung dari jenis game apa yang anda mainkan atau jenis program apa yang anda gunakan. Semakin besar keperluan pengolahan grafik pada game/program yang sedang anda gunakan, maka semakin besar juga nilai persen yang diambil dari kapasitas RAM anda.

Berbeda dari Integrated GPU, Dedicated GPU memiliki sumber kapasitas RAM tersendiri. Dedicated GPU tidak akan menyentuh sama sekali kapasitas RAM yang anda miliki. Misal, anda memiliki Dedicated GPU dari NVIDIA GeForce dengan kapasitas 2 GB Video Memory dan RAM dengan kapasitas 4 GB. Keperluan pengolahan grafik yang dibutuhkan game/program yang sedang anda gunakan akan bersumber dari Dedicated GPU sebesar 2 GB, ia tidak akan mengganggu kapasitas RAM sama sekali.

Jadi, jika anda memiliki Integrated GPU pada PC, anda membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar. Jika anda adalah seorang gamer sejati, menggunakan Dedicated GPU merupakan pilihan yang sempurna.

Advertisements