Trik Menghasilkan Uang Banyak di Stardew Valley

trikmenghasilkanuangbanyakstardewvalley

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

Tahun pertama merupakan tahun tersulit. Dengan modal hanya 500 Gold dalam saku, rasanya sulit untuk memulai bisnis pertanian dan peternakan peninggalan almarhum kakek. Namun dengan sedikit usaha dan kerja keras, semuanya tidak mustahil.

Berikut panduan menghasilkan uang lebih banyak yang bisa dijadikan acuan dalam memulai hari-hari di tahun pertama Stardew Valley:

1. Abaikan Interaksi Sosial

sameightheartevent

Hubungan sosial memang penting, namun jika bisa ditunda hingga tahun kedua kenapa tidak? Tahun pertama adalah saatnya bekerja keras, fokuskan waktu anda untuk mendapatkan Gold, namun jangan lewatkan festival dimana anda bisa mendapatkan berbagai macam benda yang tidak bisa anda dapatkan dimanapun.

2. Bertani

giantcropsstardewvalley

Tanam bibit Parsnip yang anda dapatkan secara cuma-cuma saat bangun di hari pertama. Beli bibit yang menguntungkan dengan modal 500 Gold yang anda miliki. Jika anda memiliki bibit Strawberry dari Festival Telur, investasikan bibit ini untuk anda tanam di hari pertama musim Spring tahun kedua. Setiap bibit (termasuk Strawberry) yang anda tanam di Day 1 akan jauh lebih menguntungkan ketimbang menanamnya di Day 13 setelah festival telur berakhir. Strawberry akan masuk musim panen di hari ke 8 dan akan berbuah tiap 4 hari.

3. Bridge

perbaikijembatanpantai

Kumpulkan 300 Wood dengan menebang pohon atau kayu menggunakan Axe. Perbaiki jembatan di Beach dan ambil apapun yang bisa anda temukan di seberang jembatan (Coral, Sea Urchin, dll), dan jual. Hal ini bisa anda jadikan aktivitas rutin setiap harinya.

4. Mine

queststaffofpower

Gunakan waktu anda untuk menambang bebatuan, anda akan mendapatkan banyak benda berharga disini. Semakin dalam anda menjelajah, semakin banyak benda dengan harga jual tinggi seperti Aquamarine, Emerald, Diamond, dll. Jika anda sudah memiliki resep untuk crafting bom, jangan buang waktu anda untuk menambang dengan menggunakan Pickaxe. Biarkan bom melakukan pekerjaan anda. Tempatkan bom di lokasi yang banyak bebatuan.

5. Fishing

lokasimancinglegend

Pergi memancing adalah pilihan lain selain menambang di Mine. Melakukan aktivitas ini berarti menginvestasikan level skill Fishing anda. Semakin tinggi skill Fishing maka akan semakin mudah mendapatkan ikan. Luangkan waktu anda untuk pergi memancing dan jual semua hasil tangkapan anda (Fish, Algae, Seaweed, dll). Jangan buang item sampah seperti Trash, Broken CD, Driftwood, dll, karena item ini akan sangat berharga setelah anda memiliki Recycling Machine. Jika anda mendapat Joja Cola, minuman ini bisa anda jadikan alternatif penambah energi selain food. Item sampah yang justru wajib anda buang adalah Rotten Plant.

6. Hujan

sebastianeightheartevent

Hujan adalah hari keberuntungan bagi anda. Cuaca hujan berarti tidak ada aktivitas siram menyiram yang memakan waktu lama. Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing dan menambang. Lakukan aktivitas farming seperti mencangkul, menanam bibit, dll di hari sebelum hujan. Rajin cek prakiraan cuaca di TV adalah kunci utama. Jika anda sudah mendapatkan resep crafting Sprinkler, anda dapat menempatkannya di sekitar tanaman. Sprinkler membantu anda untuk menyiram tanaman secara otomatis setiap paginya.

7. Upgrade Backpack

24backpack

Jika anda memiliki uang cukup, prioritaskan untuk upgrade Backpack di Pierre’s General Store. Dengan kapasitas yang lebih besar, anda akan lebih nyaman dalam mengumpulkan benda-benda apapun yang bisa anda temukan tanpa harus bulak balik ke Farm.

8. Jadwal

kalenderstardewvalley

Buat rencana aktivitas yang ingin anda lakukan, misal hari ini khusus pergi menambang di Mine (setelah melakukan aktivitas Farm) dan besok khusus pergi memancing. Jika hari hujan anda bisa fokus antara pergi ke Mine atau Fishing. Sebelum berpergian, perhatikan alat-alat yang dibawa, jika ke Mine anda cukup membawa Hoe untuk mencangkul, Pickaxe untuk menambang atau bom. Jika anda pergi memancing cukup bawa Rod. Hal ini akan jauh lebih menghemat kapasitas inventory anda.

9. Energi

Spa

Bekerja lembur seperti menambang di Mine akan menguras energi. Pastikan anda membawa item Food yang dapat menambah energi. Anda bisa mendapatkannya dari Foraging, memetik tanaman atau buah-buahan yang tumbuh di alam liar (Leek, Wild Horseradish, Dandelion, dll). Item foraging muncul secara random di berbagai tempat dan bisa dijadikan sumber penghasilan. Selain food, sumber energi gratis bisa anda dapatkan adalah dari Spa. Spa terletak di Railroad sebelah utara Farm dekat dengan Carpenter’s Shop. Lokasi ini akan otomatis terbuka saat musim Summer tanggal 3 tahun pertama.

10. Buat Produk Jadi

Keg

Menjual bahan mentah atau produk dasar dapat menghasilkan uang, namun jika anda memproses bahan mentah tersebut ke produk jadi, uang yang akan anda dapatkan jauh lebih banyak. Di saat anda rajin farming dan panen produk yang anda tanam, skill Farming anda akan ikut naik, variasi resep crafting pun akan anda dapatkan. Artisan Tools seperti Preserves Jar, Keg, dll bisa mengubah bahan mentah menjadi produk baru yang lebih menguntungkan.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#