Hewan Ternak dan Binatang Peliharaan di Stardew Valley

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

Semua hewan yang diternak memiliki friendship rating layaknya manusia. Bedanya, hewan ternak hanya memiliki total 5 hati. Semakin besar jumlah hati hewan ternak maka semakin tinggi juga kualitas produk yang dihasilkan. Untuk mendapatkan total hati yang maksimal, anda harus rajin berinteraksi dengan hewan ternak yang anda miliki setiap harinya dan jangan lupa untuk memberi makan.

Di Stardew Valley, hewan ternak yang anda pelihara tidak akan mati jika tidak diberi makan, namun mereka akan berhenti berproduksi sampai anda kembali memberinya makan. Hal ini juga mengurangi friendship rating dari hewan ternak anda.

Hay

Hay, makanan ternak

Hewan ternak yang tinggal di kandang baik Barn (Cow, Goat, Sheep, Pig) atau Coop (Chicken, Duck, Rabbit) bisa makan rerumputan sendiri jika dibiarkan untuk berkeliaran diluar. Jika anda ingin memeliharanya di dalam anda wajib memberi makan hay. Khusus untuk Slime, anda hanya perlu memberinya air. Kuda dan hewan peliharaaan (anjing/kucing) tidak perlu makan.

Hewan ternak otomatis akan keluar dengan sendirinya untuk mencari makan rumput jika pintu Barn atau Coop dibiarkan terbuka dan akan masuk sendiri jika hari sudah malam. Perlakuan khusus jika anda memelihara Goat (kambing), direkomendasikan untuk menutup pintu kandangnya setiap malam karena mereka tidak suka pintu kandangnya dibiarkan terbuka. Jika cuaca tidak bersahabat (rainy, snowy, stormy) hewan ternak akan tetap di dalam kandangnya masing-masing, jadi anda harus memberi mereka makan hay. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika hewan ternak tidak dapat menemukan rerumputan diluar, mereka akan makan hay yang anda sediakan di dalam kandangnya.

SiloSilo, tempat penyimpanan Hay

Untuk mendapatkan Hay, anda harus membangun Silo. Anda bisa membelinya di Carpenter’s Shop dengan mengeluarkan biaya 100 Gold dilengkapi dengan material 100 Stone, 10 Clay dan 5 Copper Bar. Gunakan Scythe untuk memotong rerumputan panjang yang ada di Farm dan rerumputan tersebut akan menjadi Hay. Tiap Silo dapat menampung 240 Hay. Anda tetap dapat memberi makan hewan ternak tanpa anda harus membangun Silo dengan cara membeli Hay di Marnie’s Ranch, namun dengan adanya Silo akan menghemat waktu sekaligus pengeluaran anda.

Jika anda memutuskan untuk memelihara hewan ternak diluar, jangan lupa buat pagar di sekeliling kandangnya agar tidak lari kemana-mana. Tanam juga rumput agar hewan ternak bisa memakannya. Anda bisa membeli rumput (Grass Starter) di Pierre’s General Store, rerumputan ini akan tumbuh dan menyebar dengan sendirinya.

rerumputanhayternakBiarkan rerumputan ini tumbuh agar dimakan oleh hewan ternak anda

Di musim Winter, salju akan menutupi seluruh ladang termasuk rerumputan. Anda bisa menyimpan persediaan hay di musim Fall sebelum musim Winter datang agar persediaan hay cukup selama musim Winter. Cara ini akan menghemat pengeluaran anda dibandingkan harus membeli hay yang mahal bukan?


Coop Animals

hewanternakcoop
Hewan Ternak di Coop: Ayam, Bebek, Kelinci

Binatang ternak yang hidup di Coop antara lain Chicken, Duck, Rabbit dan Dinosaur. Ya, anda tidak salah baca. Dinosaurus. Anda bisa mendapatkannya dari Mine saat menambang mineral. Sebelum memelihara hewan-hewan tersebut anda harus membeli kandangnya di Carpenter’s Shop melalui Robin.

Void Chicken didapat dari random event. Nenek sihir akan datang mengunjungi salah satu coop yang anda bangun dan meninggalkan sebuah Void Egg. Tempatkan Void Egg ini di Incubator untuk menetaskan Void Chicken. Untuk mendapatkan Rabbit’s Foot anda harus menunggu beberapa hari, tidak perlu dicukur layaknya bulu domba. Tiap hewan yang tinggal di Coop dapat dijual dengan harga tinggi asalkan hati mereka penuh. Ayam dengan hati penuh bisa dijual 1040 Gold, Bebek 5200 Gold, kelinci 10400 Gold dan dinosaurus 1278 Gold.

neneksihirvoidegg


Barn Animals

hewanternakbarn
Hewan Ternak di Barn: Sapi, Kambing, Domba, Babi

Binatang ternak yang hidup di Barn antara lain Cow, Goat, Sheep dan Pig. Sebelum memelihara hewan-hewan tersebut anda harus membeli kandangnya di Carpenter’s Shop melalui Robin.

Kambing memproduksi susu sekali dalam beberapa hari. Sekali lagi, kambing tidak suka jika pintu kandangnya dalam keadaan tidak tertutup pada malam hari, jadi usahakan untuk menutupnya sebelum anda pergi tidur. Untuk babi, anda harus membiarkannya keluar cari makan sendiri agar ia bisa memproduksi Truffle. Truffle dapat digunakan untuk membuat minyak di Oil Maker.


Horse

kudastardewvalley
Horse_Stable

Menunggangi kuda akan mempermudah sekaligus mempercepat perjalanan anda dalam berpergian ke berbagai lokasi. Anda akan otomatis mendapatkan kuda setelah membeli Stable dari Carpenter’s Shop. Biaya yang harus anda keluarkan sebesar 10,000 Gold dengan material yang anda butuhkan yaitu 100 Hardwood dan 5 Iron Bar.


Slime

Slime
Slime_Hutch

Sebenarnya Slime merupakan monster yang biasa anda temui di Mine, bukan seekor hewan. Namun anda bisa memeliharanya di Farm! Pertama anda membutuhkan Slime Hutch, kandang Slime ini bisa anda beli di Carpenter’s Shop seharga 10,000 Gold dengan material yang anda butuhkan yaitu 500 Stone, 10 Refined Quartz dan 1 Iridium Bar. Kandang ini muat hingga 20 Slimes.

Slime dapat beranak jika slime jantan dan slime betina berada pada lokasi yang sama. Slime jantan memiliki antena sedangkan yang betina tidak, jangan lupa beri air di bak yang telah disediakan di kandangnya. Slime memiliki banyak variasi warna jadi anda tidak perlu bingung dan repot untuk memisahkan mereka karena mereka tetap dapat beranak walau dengan warna yang bervariasi.

Slime_Charmer_Ring

Yang harus anda waspadai, Slime merupakan monster maka dari itu mereka tidaklah jinak. Anda dapat membunuhnya layaknya Slime yang berada di Mine dan tetap dapat men-drop item. Jika anda ingin memperbesar usaha anda di bidang peternakan Slime, usahakan anda sudah memiliki Slime Charmer Ring. Ring ini dapat menetralisir serangan Slime menjadi nol dan bisa anda kenakan di saat memasuki kandangnya tanpa harus ada rasa khawatir Health akan anda berkurang.


PetsDog

Si Anjing lucu

CatSi Kucing imut

Anda bisa mengadopsi hewan peliharaan, anjing atau kucing tergantung dari pilihan yang anda putuskan saat membuat karakter pertama kalinya. Hewan yang anda adopsi akan datang saat Spring tanggal 12 atau sebelum tanggal tersebut. Pilih nama untuk peliharaan anda dan ia akan menjadi milik anda selamanya.

Hewan peliharaaan tidak memerlukan makanan, mangkuk yang ada di sebelah peliharaan bisa diisi air namun tidak berpengaruh apa-apa.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

  • Chiqy

    Gan cara dapetin slime egg lagi gmn ya?
    Slime egg yg awal ga sengaja ane tebas.
    Kirain bisa beli lg ato dpt lg. Gmn ya gan?

    • Kumpulin slime aja gan sampe 100 terus masukin ke Slime Egg-Press biar dapetin Slime Egg, dijamin lebih gampang dibanding looting Slime Egg, soalnya drop rate-nya jarang.

  • wewep

    inkubatornya dapet dari mana gan.?

    • Harus upgrade ke Big Coop gan, coba cek tabel Big Coop bagian deskripsi.

  • Keuntungan beternak slime apa ya? Udah banyak banget slime nya susah kasih air. Terus slime charmer ring itu dapetinnya gimana?

    • Keuntungan gold gak seberapa. Slime bisa dibunuh buat dapetin loot, kalau punya slime warna ungu ada kemungkinan dapet loot iridium. Sisain sepasang jantan betina dalam kandang supaya bisa beranak lagi.

      Bunuh 1,000 slime terus klaim reward-nya ke Adventurer Guild buat dapetin Slime Charmer Ring. Cara tau udah seberapa banyak bunuh slime bisa liat di mading sebelah kanan Marlon di Adventurer Guild.

  • dimas

    dinosaurus emng bener ada?

  • rizky

    Kak aku mau nanya.
    Sapi kok gak bisa diambil susunya padahal udah bli alat untuk ngambil susunya :v
    berapa hari sih?

    • Untuk hewan ternak seperti sapi memang gak menentu, jadi kadang dapet kadang juga gak dapet. Selama masih dikasih makan setiap hari, dijamin bakal hasilin produk.

  • citra

    gimna buat sapi beranak??? berapa lama prosesnya??

    • Sapi beranak secara random, pastikan ada ruang yang cukup di Barn.

  • anonim

    Gan, ane udah hari ke 15 di th pertama, kok belum ada hewan peliharaannya ya? Kucing/anjing, gimana cara dapetinnya?

  • Muhammad Rizky Ardiwinata

    Gan, ini cara upgrade ke big coop gimana ya gan?
    pusing tujuh keliling gw :v