15 Rahasia Stardew Valley yang Patut Anda Bongkar

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

1. Alien

Sewaktu anda lagi ada di menu utama sebelum masuk game, klik huruf E pada kata Stardew berkali-kali, makhluk alien akan menyapa anda dengan gaya ‘peace’-nya.

2. Greenhousegreenhousebrokenrepairedstardewvalley

Lihat bangunan yang terlihat hancur berantakan di farm anda? Bangunan itu bisa diperbaiki menjadi Greenhouse. Selesaikan Craft Bundle di Community Center dan anda bisa meng-unlock Greenhouse ini. Dengan adanya Greenhouse, anda bisa bercocok tanam setiap musimnya bahkan di musim salju.

3. Hat Housetokotopistardewvalley

Anda mungkin bertanya-tanya tentang toko misterius yang terletak di hutan sebelah barat daya. Di toko yang memiliki gambar kepala kucing ini, anda bisa membeli berbagai macam topi. Seluruh topi dijual seharga 1000 Gold. Untuk mendapatkan jenis topi tertentu anda harus menyelesaikan beberapa achievement.

4. Joja Warehousejojawarehousestardewvalley

Jika anda malas mencari koleksi bundles untuk Community Center, anda bisa membeli JojaMart Membership seharga 5000 Gold. Community Center akan diganti menjadi Joja Warehouse. Anda dapat membeli bundle-bundle tersebut dengan harga yang mahal. Bagi anda yang sudah memiliki banyak Gold, opsi ini bisa dicoba.

5. Legendary Fishmutantcarplegendaryfish

Ikan legendaris ini sangat sulit ditangkap dan anda membutuhkan Iridium Rod. Ikan legendaris hanya dapat ditangkap satu kali saja. Berikut daftarnya:

  • Angler – Sungai sebelah timur Community Center atau di jembatan kayu sebelah utara Joja Mart. Tangkap di musim Fall.
  • Crimsonfish – Dermaga di sebelah timur pantai. Tangkap di musim Summer.
  • Glacierfish – Di sungai dekat Arrowhead Island, pulau kecil berbentuk seperti ujung panah, selatan dari Marnie’s Ranch, sebelah barat dari Sewer Pipe. Tangkap di musim Winter jam 10 AM – 10 PM.
  • Legend – Danau dekat Mine. Tangkap di musim Spring saat hujan jam 10 AM – 10 PM.
  • Mutant Carp – Sewer. Tangkap di setiap musim.

6. Hujan Meteormeteorstardewvalley

Event ini akan terjadi secara random. Anda akan terbangun mendengar suara ledakan yang sangat keras. Belakangan diketahui bahwa sebuah meteor telah jatuh di kawasan Stardew Valley. Meteor ini bisa jatuh dimana saja dan presentase jatuh di Farm anda lebih besar. Anda bisa menambang meteor ini dengan pickaxe yang telah di upgrade ke Gold (level 3) untuk mendapatkan segala jenis ore termasuk Iridium Ore.

7. Dwarfdwarfstardewvalley

Dwarf tinggal di Mine, jalurnya di blokir oleh batu yang hanya dapat dihancurkan oleh Steel Pickaxe (level 2) atau dengan cherry bomb. Dwarf akan berbicara bahasanya sendiri dan tidak dapat dimengerti. Untuk mengerti bahasanya anda harus memiliki keempat Dwarvish scrolls yang bisa didapatkan dari Mine. Donate ke Museum dan Gunther akan memberikan anda sebuah scroll bahasa Dwarf. Kini anda mengerti apa yang dibicarkan makhluk imut itu.

8. Pelaut Tuaoldmarinerstardewvalley

Orang misterius yang berdiri di sebelah timur pantai ini belakangan diketahui sebagai Old Mariner. Ia menjual sebuah item spesial bernama Mermaid’s Pendant seharga 5000 Gold. Item ini digunakan untuk menikah dengan orang yang sudah memiliki 10 hati penuh dengan anda. Untuk dapat bertemu dengannya anda harus memperbaiki jembatan dan datang pada saat kondisi sedang hujan.

9. Koleksi Orang-Orangan Sawahorangorangansawahlangkastardewvalley

Bosan dengan bentuk orang-orangan sawah yang terlihat biasa saja? Anda bisa mengkoleksi kedelapan scarecrow langka berikut:

rarecrow1

Rarecrow #1 Beli di Stardew Fair seharga 800 token.

rarecrow2

Rarecrow #2 Beli di festival Spirit’s Eve seharga 5,000 Gold.

rarecrow3

Rarecrow #3 Beli di Casino seharga 10,000 Qi Coins.

rarecrow4

Rarecrow #4 Beli di Traveling Cart saat musim Fall atau Winter seharga 4,000 Gold.

rarecrow5

Rarecrow #5 Beli di festival Flower seharga 2,500 Gold.

rarecrow6

Rarecrow #6 Didapat setelah anda bertemu dengan Dwarf.
rarecrow7

Rarecrow #7 Donasi total 54 item ke Museum.

rarecrow8

Rarecrow #8 Donasi total 60 item ke Museum.

10. Hutan Misterius

This slideshow requires JavaScript.

Untuk dapat memasuki Secret Forest, anda harus meng-upgrade Axe anda ke level 1 (Copper Axe). Jalan ke arah Wizard Tower lalu di sebelah utara anda akan menemukan sebuah kayu besar (lihat gambar), gunakan axe pada kayu tersebut dan anda sudah dapat memasuki area rahasia. Ada beberapa slime yang bisa anda bunuh disini dan beberapa Hardwood Tree yang dapat anda tebang untuk mendapatkan hardwood.

Anda juga dapat memancing Woodskip, satu-satunya ikan yang hanya dapat anda temukan di area ini. Selain itu ada Morel (sejenis jamur), Fiddlehead Fern (sejenis tunas) dan Chanterelle (sejenis jamur). Anda juga akan menemukan sebuah patung misteri, bawa Sweet Gem Berry ke patung itu dan anda akan menerima Stardrop yang dapat digunakan untuk mengisi energi.

11. Tanaman Raksasagiantcropsstardewvalley

Cara untuk menanam tanaman raksasa ini adalah dengan membuat petak 3×3 dan tanam bibit yang sama di petak tersebut. Bibit yang bisa menjadi raksasa diantaranya Cauliflower, Melon dan Pumpkin. Kemungkinan menjadi tanaman raksasa juga tidak menentu alias presentasinya kecil. Jika bibit yang anda tanam berhasil menjadi raksasa, anda dapat memanennya dengan axe.

12. Padang Gurundesertstardewvalley

Calico Desert terletak di sebelah barat daya peta. Anda dapat mengakses tempat ini setelah menyelesaikan Vault Bundle di Community Center. Beli tiket seharga 500 Gold ke Pam di dekat bus yang selanjutnya akan mengantarkan anda ke lokasi.

Di desert anda dapat menemukan Skull Cavern yang dapat diakses jika anda memiliki Skull Key yang bisa didapatkan jika anda sudah sampai ke level 120 Mine. Sebuah bangunan bernama Oasis juga menjual beberapa item seperti bibit.

13. Sewersewerstardewvalley

Untuk dapat mengakses saluran pembuangan ini, anda harus donate 60 item ke Museum. Di dalam sewer anda bisa bertemu dengan Krobus yang menjual item langka seperti Iridium Sprinkler dan Stardrop. Ikan legendaris bernama Mutant Carp juga bisa anda temukan disini.

14. Traveling Carttravelingcartstardewvalley

Anda dapat menemukan gerobak besar di dekat danau dekat Cindersap Forest setiap hari jumat dan minggu. Gerobak ini menjual berbagai macam item langka (random) dengan harga yang berubah-ubah setiap kali anda mengunjunginya di hari yang berbeda. Item langka yang bisa anda beli diantaranya Rare Seed dan Iridium Sprinkler.

15. Wormwormtwigstardewvalley

Pernah melihat cacing yang menggeliat di permukaan tanah? Anda bisa memukulnya dengan Hoe untuk mendapatkan item. Item yang bisa didapatkan seperti artifact, buku perpustakaan, junk atau item lainnya.

* Pihak developer mengatakan kalau yang menggeliat itu bukanlah cacing namun semacam ranting.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

  • Devina

    Terima kasih gan, bermanfaat banget ^-^b

  • share save nya yuk ?? di upload plzzzz..saya ini pake cheat jadi bisa bar gold apa aja bisa di dupe…sapa mau tukeran save ? iridium bisa 700 an..scan aja..

    • fenii

      mau dong kak.. gimana cara pake cheat??

      • Rizal

        konon bisa pake cheat engine, gunakan dengan bijak, hehehe….

  • ahdam

    nubi numpang nanya, kalo salah taro bangunan misal coop bisa dipindahin kaga?

    • Gak bisa, harus di demolish di Carpenter, jadi harus ulang dari awal.

  • lutfi algifari

    Jisura ane pengen tanya kok kapak ane ilang setelah ane mati di mine calico desert? Cara dapetin lagi gimana nih admin?

    • Coba update ke versi paling baru gan, kutipan pernyataan resmi dari developer via twitter.

  • lutfi algifari

    Cara update ke versi barunya gimana?

    • Download dan install version terbaru.

      • luti algifari

        Terus kan udh di update keulang lagi atau dilanjutin?

        • Dilanjut. Kalo agan merasa gak yakin, backup save data ke tempat yang aman lalu update.

  • luti algifari

    Ok thanks ya

  • dece

    min dimana lokasi jatuhnya meteor pas tahun 1 fall ? di farm ga ada min??

    • Coba cari di Forest atau lokasi lain, meteor tidak jatuh di Farm aja gan.

  • J

    Gan. Sweet Gem berry ntu bentuknya kek gimana sih ?

  • Travelling Cart bisa ditemukan di hari jum’at dan minggu gan.