Pengaruh Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Game

Komputer modern jaman sekarang memiliki salah satu dari dua tipe processor yakni 32-bit atau 64-bit. Perbedaaannya, processor 32-bit hanya dapat menjalankan aplikasi yang berbasis 32-bit saja, sedangkan processor 64-bit dapat menjalankan aplikasi baik yang 32-bit maupun 64-bit.

Apakah ada keuntungannya memiliki processor 64-bit? Ya, dibandingkan dengan processor 32-bit, 64-bit dapat mengeksekusi program lebih cepat dan sangat jarang sekali terjadi crash atau hang saat bermain game. Jika anda mengganti processor anda menjadi 64-bit, maka Operating System anda pun harus ter-install yang 64-bit.

Perbedaaan yang sangat mencolok antara processor 32-bit dan 64-bit adalah kecepatan hitung yang dapat dilakukan masing-masing. Contoh processor 64-bit diantaranya Dual core, Quad core, Six core dan Eight Core untuk versi PC rumahan, dengan banyaknya core maka kecepatan performa komputer akan semakin cepat, berbeda dibandingkan processor 32-bit yang core-nya terbatas.

Perbedaan lainnya adalah pada RAM (Random Access Memory). Komputer 32-bit dapat mendukung RAM dari 3-4 GB saja, sedangkan komputer 64-bit dapat mendukung RAM lebih dari 4 GB. Jika komputer anda sering dipakai main game berukuran besar, maka anda perlu juga mempertimbangkan upgrade video card yang anda miliki dibandingkan terlalu fokus pada 64-bit ini.