Detroit: Become Human, Robot Andorid yang Memiliki Perasaan

detroitbecomehuman
Pada ajang konferensi pers Paris Game Week di Perancis, Sony Computer Entertainment mengumumkan Detroit: Become Human yang akan menjadi judul kelanjutan dari game Heavy Rain and Beyond: Two Souls yang dikembangkan pihak Quantic Dream. Game ini akan diluncurkan untuk platform PlayStation 4.

Beberapa dari anda mungkin pernah mengingat sebuah game demo untuk PlayStation 3 bernama Kara tahun 2012 silam. Kara merupakan sebuah android yang menemukan jati dirinya kalau ia memiliki perasaan sama seperti manusia lainnya. Banyak orang pada saat itu berempati pada karakter Kara ini, bagaimana ia harus berjuang untuk bertahan hidup ditengah kehidupan manusia yang memperlakukan robot sebagaimana sebuah benda biasa.

Semua orang yang pernah mencoba game ini pasti bertanya-tanya apakah yang terjadi setelah Kara keluar dari pabrik android itu? Detroit merupakan game yang di-set pada masa depan dimana robot android dapat melihat, berbicara dan bergerak layaknya manusia.

Bagaimana jika anda terlahir dari sebuah benda asing yang tidak memiliki perasaan kemudian perlahan anda memilikinya? Bagaimana kita sebagai manusia menyikapi sebuah keadaan jika dimana suatu saat nanti robot memiliki perasaan dan dapat berpikir atas kemauannya sendiri?