About these ads

Cara Mengetahui Suhu Komputer Anda

suhukomputer

Anda dapat mengetahui seberapa panas suhu atau temperatur dari PC anda dari dua cara yakni dari segi Software dan Hardware:

1. Software

PC anda harus memiliki thermal sensors atau prosesor setidaknya selevel dengan Intel Core Duo agar program berikut dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Tanpa sensor dan prosesor tersebut, program yang didesain untuk memonitor suhu dari prosesor, video card, hard drive dan lainnya tidak akan berfungsi.

  • HWMonitor – Deskripsi singkat dan Download bisa anda lihat disini.
hwmonitordownloadgratis
  • Core Temp – Deskripsi singkat dan Download bisa anda lihat disini.
coretempdownloadgratis
  • SpeedFan – Deskripsi singkat dan Download bisa anda lihat disini.
speedfandownloadgratis

2. Hardware

  • Alat Pendeteksi Temperatur
contohalatpendeteksisuhucpu

Anda dapat meng-install sebuah alat pendeteksi temperatur yang dapat dipasang pada CPU anda. Alat ini secara otomatis akan menampilkan suhu dari PC, tidak hanya itu ada beberap aalat yang juga dapat menampilkan suhu dengan lengkap seperti prosesor, video card, memory dan hard drive.

  • Temperature Gun / Infrared Thermometer
contohtemperaturegun

Temperature gun memungkinkan anda untuk mengetahui suhu dari PC anda tanpa perlu repot menginstall software atau memasang alat pendeteksi suhu. Arahkan pointer gun ini pada heat sink CPU agar dapat diketahui suhunya. Namun, kekurangan dari gun ini, nilai nominal yang ditunjukkan hanyalah estimasi atau perkiraan saja dan bukan nominal eksak dari suhu yang diukur.

About these ads