Advertisements

Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati

pctibatibamati
Perhatian: Sebelum membongkar PC anda berhati-hati terhadap risiko ESD yang mengancam.

Beberapa poin yang menjadi penyebab komputer mati secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan atau perintah shutting down:

1. Masalah panas

Komputer jaman sekarang dirancang untuk mati sendiri jika komponen didalamnya terlalu panas. Masalah panas ini sangat sering terjadi apalagi disaat komputer bekerja sangat keras, misal memakai aplikasi atau game yang memakan memori terlalu besar secara terus menerus.

Klik Gambar untuk memperbesar

Anda bisa mengecek kipas dari power supply yang terletak di belakang komputer. Kipas yang berjalan dengan baik dan tidak bersuara bising menandakan tidak ada masalah. Buka keseluruhan casing komputer dan periksa heat sink dari processor, video card dan kipas (case fan) selagi komputer dinyalakan, dan dengarkan baik-baik, jika ada suara bising maka terjadi malfungsi pada kipas.

coolerpad

Catatan: Jika masalah yang anda hadapi pada laptop, mungkin anda harus berkonsultasi dengan yang ahli. Beberapa hal yang mungkin dapat anda lakukan sendiri adalah memeriksa bagian kipas apakah masih berfungsi dengan memastikan udara panas dikeluarkan dari kipas tersebut. Anda juga dapat membeli cooler pad yang banyak dijual di toko-toko untuk meminimalisir panas yang terjadi pada laptop.

Jika bagian dalam PC anda dipenuhi debu dan kotoran, bisa jadi ini penyebab masalah panas, anda dapat membersihkannya dengan kain lap bersih atau mesin penyedot debu dengan ukuran sesuai untuk menjangkau area yang sulit dibersihkan.

2. Masalah pada Hardware

Sebelum melepas hardware yang terpasang ada baiknya anda melihat Device Manager pada PC untuk mengecek apakah ada hardware conflict atau error.

Komponen hardware yang terpasang pada PC dapat menjadi salah satu penyebab mengapa komputer tiba-tiba mati. Jika anda menginstall hardware baru, lepas hardware tersebut untuk melihat apakah hardware yang baru dipasang tadi menjadi penyebabnya.

Jika tidak ada hardware baru yang terinstall pada PC, ada baiknya anda melepas hardware lain seperti modem, network card dan sound card atau card-card yang lainnya. Jika komputer anda berhenti mati pada saat dinyalakan, berarti penyebabnya ada pada card tersebut. Segera konsultasikan pada yang lebih ahli.

3. Masalah pada UPS (Uninterruptible Power Supply)

Pastikan UPS anda bukan menjadi salah satu penyebab komputer mati secara tiba-tiba dengan mencabut seluruh kabel UPS yang terkoneksi pada komputer atau PC anda. Jika pada saat PC dinyalakan dan tidak ada kondisi mati maka terdapat kecacatan pada UPS.

ups

Bisa jadi UPS anda mengalami overload atau masalah pada driver UPS anda yang memberikan sinyal keliru pada komputer untuk mematikan sistem. Pastikan tidak terlalu banyak PC yang terhubung dengan UPS dan selalu update software UPS anda.

4. Masalah Virus pada Komputer

Komputer anda mungkin terkena virus atau malware yang dirancang khusus untuk mematikan komputer anda dalam situasi dan kondisi tertentu. Jika komputer anda tiba-tiba mati pada saat membuka aplikasi tertentu, maka sudah pasti komputer anda terjangkit oleh virus.

virus

Download anti virus dan jalankan scanner.  Jika anda sudah memiliki anti virus terinstall, pastikan sudah up to date.

5. Masalah pada Operating System (OS)

Jika langkah-langkah diatas sudah anda cek dan masalah pada mati secara tiba-tiba masih dialami komputer anda, maka yang Operating System bisa menjadi penyebabnya. Coba langkah-langkah berikut ini:

  • Reboot komputer anda dan masuk ke CMOS atau BIOS Setup pada saat komputer booting
  • Jika anda sudah masuk pada layar CMOS atau BIOS, diamkan komputer anda

contohbioscmossetup

Jika komputer tidak mati pada saat layar CMOS didiamkan terbuka, maka Operating System anda corrupt. Reinstall OS anda.

Advertisements
  • Pingback: Berapa Suhu Processor yang Baik agar PC Berfungsi Optimal? | Jonooit()

  • Gilang Hartanto

    Antivirus yang paling bagus?

    • Standar rata-rata semua antivirus bagus. Tapi kalau bro lebih suka detail bisa cek review ini.

  • Nikko V E

    Wah ya itu gan, mungkin masalah virus itu. Dulunya buat maen GTA Vice City lancar jaya. Tapi saat beberapa waktu lalu buat maen itu lagi malah Blue Screen T_T. Cara ngatasinya gimana gan?

    • Wah kalau penyebab Blue Screen banyak 😀 cobain system restore.

    • Ikut share, karena masalah saya hampir mirip dengan agan Nikko di atas. Sebelumnya lancar memainkan game, tapi sekarang klo mau game yang sama malah blue screen. Saran saya:

      1. Biasanya, setiap blue screen ada pesan error yang ikut ditampilkan. Catat pesan tersebut dan silakan searching di internet kira-kira apa penyebabnya.

      2. Periksa langsung VGA agan ke service center, tukang, atau orang yang ngerti. Karena dalam kasus saya, VGA saya yang kena, jadi klo mainin game yang berat udh pasti langsung blue screen. Saya rasa, kecil kemungkinannya blue screen diakibatkan oleh virus, meskipun bisa-bisa aja, tapi lihat gejala agan yg mirip dengan yg saya alami, saya lebih condong ke VGA gan, mungkin VGA agan udah kena.

      3. Klo mau tau itu diakibatkan virus atau bukan, coba reinstall aja OS nya, misal agan pake windows, reinstall aja windows nya dan coba intsall dan mainkan game yang sama setelahnya. Masih blue screen atau tidak. Klo masih, berarti kerusakan ada di hardware dan balik lagi, kemungkinan terbesar adalah VGA, klo misal setelah reinstall OS masalah blue screen udah gak muncul, berarti kesalahan ada di sistem atau software, salah satunya bisa diakibatkan oleh virus.

      • Nikko V E

        Wah ya itu gan, nomor 3 itu mungkin penyebab dari komputerku, oke makasih sarannya ^^