Advertisements

Kamus Hardware: ElectroStatic Discharge (ESD)

pengertianesd
ESD atau ElectroStatic Discharge merupakan salah satu penyebab yang dapat merusak komputer atau komponen elektronik dalam komputer. ESD ini terjadi seperti contohnya jika anda menggesekkan kaki anda di karpet dan segera menyentuh sesuatu yang berbahan metal maka akan ada sengatan listrik kecil yang mengalir pada tubuh anda.

Perlu diperhatikan, ESD bisa terjadi tanpa adanya sengatan arus dan hanya terjadi jika anda membuka komponen dalam komputer atau menghandle expansion card dan hardware lainnya.

Bagaimana cara mencegah ESD dan melindungi diri anda?

Metode terbaik dalam mencegah ESD adalah menggunakan gelang khusus anti ESD di pergelangan tangan, tikar, karpet atau meja kerja yang telah di grounding. Jika anda tidak memiliki peralatan yang disebutkan diatas, cara dibawah ini dapat membantu mengurangi risiko terkena ESD:

  1. Zero potential – Pastikan anda dan komputer berada pada wilayah zero potential, yakni dengan cara terus menyentuh permukaan chassis yang tidak terkena cat atau power supply dari komputer
  2. Berdiri – Usahakan anda dalam posisi berdiri jika membuka isi komponen dalam komputer, jika anda membongkar komputer dalam keadaan duduk di kursi atau di lantai, hal ini dapat memperbesar risiko terkena ESD
  3. Kabel – Pastikan anda telah memutus segala kabel yang terhubung ke komputer anda, seperti kabel monitor, USB dan kabel power
  4. Pakaian – Pastikan anda tidak mengenakan pakaian yang dapat mengundang aliran listrik seperti sweater berbahan wol
  5. Cuaca – Petir dapat meningkatkan risiko ESD, jika cuaca tidak memungkinkan (hujan dengan kapasitas petir besar), tunggu hingga reda karena petir pun dapat meningkatkan risiko ESD.
  6. Aksesoris – Untuk mencegah terkena ESD anda dapat melepaskan aksesoris yang menempel pada tubuh anda sepeti cincin, jam tanga, kalung, dan sebagainya.
Advertisements