Advertisements
keyboardlaptoptidakberfungsi

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini yang Harus Anda Lakukan

Jika anda sedang bekerja dengan laptop anda, dan tiba-tiba tombol “U” tidak berfungsi atau tombol “Enter” dan “Spasi” tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau yang lebih buruk, seluruh tombol keyboard mati total. Ada beberapa hal yang bisa anda coba lakukan sendiri sebelum datang ke tempat service langganan anda.

1. Periksa Kebersihan di Sekitar Keyboard Laptop

Angkat laptop anda dan miringkan sedikit ke bawah dengan layar masih terbuka, lalu goyang-goyangkan apakah ada debu atau snack dan material kecil lainnya yang berjatuhan, sebab bisa jadi itu penyebab dari permasalahan keyboard anda. Jika anda memiliki vacuum cleaner kecil, anda dapat menggunakannya untuk menghisap debu yang sulit dijangkau pada keyboard. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan kapas atau lap yang dibasahi dengan sedikit air sabun atau alkohol, pastikan cairan air sabun dan alkohol di tumpahkan ke kapas atau lap, bukan pada keyboard. Untuk menjangkau area yang sulit anda dapat menggunakan korek kuping yang telah dibasahi.

2. Restart Laptop

Jangan anggap remeh, sebab dengan satu tombol restart ini bisa memperbaiki 1001 macam permasalahan. Cukup tekan tombol restart atau power pada Laptop anda selama sekitar 10 detik. Jika permasalahan masih terjadi lanjut ke tips berikutnya.

3. Masalah pada Driver

Masalah ini muncul ketika anda menginstall ‘third party’ software atau mematikan laptop tanpa perintah “Shut Down”. Cek Device Manager pada laptop anda, jika pada gambar keyboard terdapat tanda seru atau icon keyboard tidak muncul sama sekali pada Device Manager maka anda cukup mengupdate software keyboard anda pada website si driver, mendownloadnya dan update versi paling baru (latest version).

4. Koneksi Putus

Gunakan tips ini hanya jika anda pernah dan dapat bongkar pasang komponen PC atau laptop sebelumnya. Kemungkinan lain keyboard laptop tidak berfungsi adalah putusnya kabel yang menghubungkan si motherboard dengan keyboard, sambungkan kabel keyboard yang berada tepat di bawahnya.

5. Keyboard Cacat

Jika laptop anda masih dalam keadaan garansi pada saat keyboard anda mengalami masalah, kemungkinan lain adalah keyboard anda cacat dari pabrik, anda dapat menggunakan kartu garansi anda.

Advertisements
  • taro

    makasih kk…

  • shelly

    numpang ngeshare ya,,

  • tia

    sangat bermanfaat, thanks!

  • ini sangat menarik
    bisa tahu garansi laptop
    terima kasih infonya

  • bambang_761

    tipsnya bisa d pake buat kibord pc jg hehe..