Film – Stand by Me

Judul: Stand by Me
Sutradara: Rob Reiner
Genre: Adventure, Friendship
Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1986

Gordie: Alright, alright, Mickey’s a mouse, Donald’s a duck, Pluto’s a dog. What’s Goofy?
Vern: If I could only have one food for the rest of my life? That’s easy-Pez. Cherry-flavored Pez. No question about it.
Teddy: Goofy’s a dog. He’s definitely a dog.
Gordie: I knew the $64,000 question was fixed. There’s no way anybody could know that much about opera!
Chris: He can’t be a dog. He drives a car and wears a hat.
Gordie: Wagon Train’s a really cool show, but did you notice they never get anywhere? They just keep wagon training.
Vern: Oh, God. That’s weird. What the hell is Goofy?

Film ini mengangkat tema persahabatan. Menceritakan tentang 4 orang sahabat yang berpetualang bersama untuk mencari jasad seorang teman yang meninggal, dimana polisi pun pada saat itu belum dapat menemukan jasad anak ini.

Bermula dari Gordie Lachance, si kutu buku yang suka bercerita dan gemar menulis yang menemukan artikel di koran yang memberitakan bahwa teman nya meninggal dan belum ditemukan jasad nya membentuk kelompok dengan ketiga orang teman nya yang lain untuk bersama mencari jasad anak tersebut.

(Dari kiri ke kanan: Gordie Lachance, Chris Chambers, Teddy Duchamp, dan Vern Tessio)

Ketiga teman nya tersebut adalah Chris Chambers, yang merupakan dari keluarga berlatar belakang kriminal dan pemabuk, Teddy Duchamp yang dikenal sebagai eksentrik dan penakut setelah ayah nya yang kurang waras mencoba menaruh telinga Teddy pada penggorengan, dan Vern Tessio yang berperawakan gendut dan kadang menjadi bulan bulanan kawan lain nya.

Mereka berempat ingin menemukan jasad tersebut karena ingin di panggil pahlawan setempat yang berjasa, namun ternyata bukan mereka saja yang ingin menjadi pahlawan, Vern tidak sengaja menguping pembicaraan kakak nya yang juga bersama teman teman nya ingin melakukan pencarian terhadap jasad tersebut.

Seakan akan mereka berlomba untuk menjadi orang terkenal di kota. Film ini sangat bagus, selain menonjolkan persahabatan, ada banyak sisi humor dan beberapa hal yang membuat penasaran.